Dark/Light Mode

Layanan Satu Pintu DKI Kini Melayani Izin Nikah

Kamis, 17 November 2022 07:30 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) 
Provinsi DKI Jakarta di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (15/11). (Foto: Istimewa).
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi DKI Jakarta di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (15/11). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Ke depan, Kanwil Kemenag akan terus melakukan penambahan layanan di MPP. Di mana Kanwil Kemenag DKI mempunyai hampir 85 jenis layanan, baik berupa surat keterangan, rekomendasi dan surat izin.

Cecep menjelaskan, pemohon tidak harus datang ke MPP. Pemohon bisa datang ke Kantor Kemenag Kota/Kabupaten untuk melakukan proses pelayanan.

“Seluruh kantor Kemenag kota/kabupaten sebenarnya telah memiliki pelayanan satu pintu. Layanan di MPP untuk semakin memudahkan,” jelasnya.

Kanwil Kemenag DKI juga telah melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta. Kerja sama tersebut terkait pencatatan kependudukan dan pernikahan. Nantinya, pemohon layanan nikah, akan diberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) baru.

Baca juga : Pelayanan SIM Keliling Kota Depok, Hadir Di Dua Lokasi

“Usai melangsungkan pernikahan pengantin menerima buku nikah dan kartu nikah, KTP dan Kartu keluarga yang ter-update, gratis,” bebernya.

Namun karena ada kendala dari Dinas Dukcapil, saat ini pengantin hanya mendapatkan buku nikah dan kartu nikah.

Cecep berharap, dengan kolaborasi ini masyarakat DKI Jakarta lebih mudah, cepat dan nyaman dalam mendapatkan layanan.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali menyambut baik bergabungnya Kanwil Kemenag DKI di MPP.

Baca juga : Sah, Ketum KONI DKI Hidayat Menang Di BAORI

“MPP merupakan bentuk nyata kehadiran negara sebagai rumah penghubung dengan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya layanan ini, dia berharap, tidak ada lagi ego sectoral dalam memberikan layanan.

“Kolaborasi akan mendorong munculnya berbagai inovasi dan modernisasi pelayanan publik yang diharapkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Nizar berpesan untuk seluruh pejabat Kanwil Kemenag DKI agar terus meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar semakin profesional.

Baca juga : Pertamina NRE Kini Fokus Garap Bisnis Energi Bersih

Dia juga meminta, agar seluruh jajaran Kanwil Kemenag untuk terus mendorong seluruh pihak ikut berpartisipasi aktif dalam perbaikan dan peningkatan kualitas layanan di MPP. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.