Dark/Light Mode

Yayasan Sekar Ayu Jiwanta Dukungan Kebaya Goes to UNESCO

Jumat, 14 Oktober 2022 22:18 WIB
Silaturahmi dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional dan mendukung Kebaya Goes to UNESCO, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (14/10). (Foto: Yayasan Sekar)
Silaturahmi dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional dan mendukung Kebaya Goes to UNESCO, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (14/10). (Foto: Yayasan Sekar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Sekar Ayu Jiwanta menyelenggarakan acara “Silaturahmi dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional dan mendukung Kebaya Goes to UNESCO”, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (14/10). Silaturahmi ini dihadiri banyak tokoh. Di antaranya Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Putri Kus Wisnuwardhani, Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga, Anggota DPR Tuti Nusandari Roosdiono dan puluhan komunitas pegiat kebaya.

Founder POISE Clinic Camelia Fena, sebagai ketua penyelenggara, menekankan, tujuan acara ini adalah mengajak para komunitas perempuan untuk berbudaya berkebaya sehari-hari. Hal ini untuk mendukung nominasi kebaya Warisan Budaya Takbenda (WBTb), single nomination. 

Baca juga : Laskar Ganjar Puan Bicara Sosok Cawapres Di 2024

Selain itu, acara ini turut mendukung penetapan "Hari Kebaya Nasional", membantu para pengusaha UMKM, dan merayakan Hari Batik Nasional 2 Oktober. Fashion show dengan narasi "Jejak Kebaya dan Kain Batik Nusantara" dan fashion show kebaya yang mendapat dukungan dari POISE Clinic, semakin menghidupkan suasana silaturahmi di Bulan Batik ini.

“Fashion show mengusung tiga jenis kebaya, yaitu Kebaya Kutubaru, Kebaya Kerancang, dan Kebaya Kartini. Seluruh tamu undangan turut andil sebagai peserta fashion show,” ujar Camelia.

Baca juga : Sambangi Surabaya, Relawan Deklarasi Dukung Puan Nyapres

Setelahnya, dilakukan peluncuran website sekarayujiwanta.com. Pembina Yayasan Sekar Ayu Jiwanta Emi Wiranto menjelaskan, website sekarayujiwanta.com merupakan pusat informasi tentang kegiatan filantropi dan patronasi dalam cakupan Budaya Nusantara Indonesia yang telah bergulir di bawah naungan Yayasan Sekar Ayu Jiwanta. 

Beberapa di antaranya adalah pagelaran seni Genta Sriwijaya (2018), Dapur Umum selama Pandemi (2019), gerakan Mendukung Hidup Sehat di 100 Masjid” (2020), dan rangkaian dukungan kegiatan gerakan Kebaya Goes to UNESCO. Yayasan Sekar Ayu Jiwanta PROSPERITY TOWER Lantai 10, SCBD, Jakarta City, Jakarta 12190

Baca juga : Puluhan Tuan Guru Di Sumut Dukung Ganjar Pranowo

Miranti Serad, perwakilan komunitas berkebaya menuju UNESCO mengatakan, acara ini adalah untuk memperkuat berbudaya berkebaya dengan segala kearifan lokalnya, agar menjadi busana sehari-hari yang melekat dengan kehidupan masyarakat. Acara ini dimeriahkan dengan lantunan sederet lagu oleh penyanyi kenamaan Indonesia Yuni Shara dan medley tarian untuk menghibur seluruh tamu undangan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.