Dewan Pers

Dark/Light Mode

DKI Perluas Cakupan Penerima Manfaat Program Kartu Pekerja Jakarta

Jumat, 18 November 2022 13:26 WIB
Ilustrasi kartu pekerja. (Foto: Ist)
Ilustrasi kartu pekerja. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta melanjutkan program Kartu Pekerja Jakarta (KPJ). Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, sudah menjadi tugas dari Pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat. 

“Para pekerja adalah salah satu yang berjasa dalam menggerakkan roda perekonomian Jakarta, juga membangkitkan industri dari pandemi Covid-19. Untuk itu, program Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) akan terus dilanjutkan,” kata Andri Yansyah, Jumat (18/11).

Berita Terkait : Perusahaan Hilirisasi Nikel Bantu Serap Tenaga Kerja Baru

Program KPJ adalah program kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam rangka peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh dengan meringankan biaya transportasi, pangan, dan pendidikan bagi anak pekerja.

"Penerima KPJ saat ini sudah meningkat dari yang awalnya berpenghasilan Upah Minimum Provinsi (UMP) plus 10 persen menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP) plus 15 persen dan pada umumnya merupakan Kepala Keluarga (KK), serta menjadi pencari nafkah utama bagi keluarga,” jelasnya. 

Berita Terkait : Perpusnas Beri Penghargaan Untuk 9 Penulis Terbaik

Sejak 2018 hingga saat ini, 45.134 kartu telah didistribusikan. Program KPJ bertujuan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga di Jakarta, dengan membantu mengurangi biaya hidup, sehingga perekonomian para pekerja dan buruh lebih sejahtera.