Dark/Light Mode

PAM Jaya Bangun Penampungan Air

Hore.. Warga Marunda Bisa Nikmati Air Bersih

Senin, 19 Desember 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau pelayanan PAM Jaya berupa Inovasi Pembangunan Reservoir Komunal di Kampung Nelayan Marunda, Jalan Kp Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (16/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau pelayanan PAM Jaya berupa Inovasi Pembangunan Reservoir Komunal di Kampung Nelayan Marunda, Jalan Kp Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (16/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sulitnya mengakses air bersih yang selama ini dikeluhkan warga Marunda Kepu, mulai teratasi. PAM Jaya membangun reservoir komunal (penampungan air) untuk memasok kebutuhan warga.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyindir kualitas air yang diproduksi PAM Jaya karena saat sampai ke konsumen tidak layak minum. Terlebih masih banyak warga yang mengeluh belum bisa terlayani air perpipaan.

“PAM Jaya bukan perusahaan air bersih, tapi perusahaan air minum. Jadi, kalau mau perusahaan nggak siap diminum jangan bikin PAM. Itu aja usulan dari saya,” sindir Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pengelolaan Air DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Baca juga : Pengusaha Jasa Pengendalian Hama Minta Kemudahan Izin Dan Sertifikasi

Namun, politisi PDI Perjuangan ini mengapresiasi langkah PAM Jaya membangun reservoir komunal atau ground water tank di Kampung Marunda Kepu, Jakarta Utara (Jakut). Menurutnya, diperlukan lebih banyak lagi fasilitas seperti itu untuk menjangkau wilayah lain di Ibu Kota yang belum terjangkau air perpipaan.

“Mudah-mudahan semua titik­-titik di pinggiran pantai bisa terlayani (air perpipaan). Karena rata-rata pengaduan itu dari mereka, yakni saluran air belum sampai ke pinggir Pantai Jakarta,” katanya.

Dia menuturkan, membaiknya pengelolaan air bersih tak lepas dari pembentukan Pansus Pengelolaan Air oleh DPRD DKI. “Program ini telah dikerjakan sejak Oktober hingga Desember 2022, hasilnya sangat memuaskan warga,” ungkapnya.

Baca juga : Perpustakaan Tingkatkan Akses Belajar Masyarakat

Sekretaris Komisi B DPRD DKI Wa Ode Herlina menilai, layanan reservoir komunal di Marunda Kepu membuktikan tidak ada diskriminasi dalam menyalurkan air bersih.

“Saya optimistis DKI dapat menyelesaikan masalah air bersih,” ungkapnya.

Inovasi reservoir komunal ini, lanjut Wa Ode, bukti bahwa sebenarnya Pemprov DKI Jakarta mampu mengelola dan melayani air bersih. Tidak perlu menggandeng pihak swasta.

Baca juga : Menag: Bom Bandung Bertentangan Dengan Agama Dan Nilai Kemanusiaan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui PAM Jaya terus berupaya meningkatkan pelayanan air bersih kepada warga Jakarta. Salah satunya, melalui pembangunan reservoir komunal di Marunda Kepu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.