Dark/Light Mode

Anggaran Bansos Di Jakarta Naik Dua Kali Lipat

Yang Nggak Berhak Dapat, Coret Dong...

Selasa, 27 Desember 2022 07:30 WIB
Ibu Rusmiati, salah satu penerima manfaat dan bansos Kartu Lansia Jakarta (KLJ) Desember 2022 mengaku, dana tersebut sangat membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. (Foto: Istimewa).
Ibu Rusmiati, salah satu penerima manfaat dan bansos Kartu Lansia Jakarta (KLJ) Desember 2022 mengaku, dana tersebut sangat membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Sedangkan bansos yang lain, kan banyak. Ada Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul itu ada di Dinas Pendidikan,” katanya.

Menurut Premi, pihaknya akan mencoret para penerima yang dianggap tidak berhak mendapatkan bansos.

Selain itu, dia juga mengimbau bagi masyarakat yang merasa mampu, namun mendapatkan bansos dapat melapor pada Pusdatin Jamsos, Sudin Sosial, ataupun Dinas Sosial.

Baca juga : Erick: Kalau Ada, Saya Tangkap Direksinya...

Update DTKS

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak mendorong Pemprov DKI lebih selektif dan teliti mendata penerima bansos. Jangan sampai yang tidak berhak menerima, dan yang berhak malah tidak terdaftar.

Seperti yang dialami oleh dirinya sendiri. Di mana saat puncak Covid-19 dan Pemerintah menggelontorkan sejumlah bansos, nama Jhonny masuk dalam daftar penerima. “Masa anggota DPRD dapat, itu datanya nggak jelas,” kata dia.

Baca juga : Heru Kebut Penanganan Banjir, Macet Dan Sampah

Meski pandemi Covid-19 sudah mereda, menurut Jhonny, penerima bansos pada 2023 akan melonjak. Sebab, banyak warga Ibu Kota yang perekonomiannya menurun akibat terdampak pandemi Covid-19.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta perlu memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data ini menjadi acuan Pemprov untuk menyalurkan bansos.

Hal senada diungkap anggota DPRD DKI Jakarta Agustina atau Tina Toon. Komisi A mendesak Pemprov mengevaluasi DTKS. Saat ini, pemberian bansos masih kurang tepat sasaran.

Baca juga : Awal Pekan, Tol Bekasi-Jakarta Siang Ini Tersendat Dari KM 6

“Ada yang sudah punya motor, mobil, masih dapat bantuan. Sedangkan lansia telantar malah nggak dapat,” kata dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.