Dark/Light Mode

DKI Dorong Pelajar Melek Kebencanaan

75 Persen Lokasi Sekolah Di Daerah Rawan Bencana

Sabtu, 31 Desember 2022 07:30 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) saat meninjau Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI, Jakarta Pusat, Kamis (29/12). Tampak seorang siswa sekolah (tengah depan) sedang mengikuti pembelajaran menghadapi bencana kebakaran. (Foto: Istimewa).
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) saat meninjau Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI, Jakarta Pusat, Kamis (29/12). Tampak seorang siswa sekolah (tengah depan) sedang mengikuti pembelajaran menghadapi bencana kebakaran. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk mengurangi risiko bencana alam. Salah satunya dengan membangun Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan.

Ruang KIE Kebencanaan disediakan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Ruang KIE Kebencanaan berada di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

“Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan salah satu pusat literasi kebencanaan di Jakarta sebagai bentuk nyata inovasi pelayanan publik mengenai pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat meresmikan Ruang KIE Kebencanaan, Kamis (28/12).

Baca juga : FIFA Tolak Rencana Pesan Damai Presiden Ukraina Di Final Piala Dunia

Heru bilang, menghadirkan Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan kewajiban Pemprov DKI dalam bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat terkait penanggulangan bencana.

Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan pusat literasi kebencanaan pertama yang menggunakan teknologi virtual reality. Diharapkan, Ruang KIE Kebencanaan ini bisa dimanfaatkan dengan baik demi mewujudkan budaya sadar bencana untuk menjadikan Jakarta Kota Tangguh Bencana.

“Mohon disosialisasikan ke seluruh masyarakat, tidak hanya di Jakarta, Jabodetabek dipersilakan. Penanggulangan bencana itu harus dimulai dari diri kita sendiri,” ucap Heru.

Baca juga : Kadin Indonesia Dorong Pelaku Usaha Kuatkan Perekonomian Indonesia

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu menyosialisasikan keberadaan Ruang KIE Kebencanaan kepada satuan pendidikan maupun para peserta didik pada semua jenjang pendidik di Ibu Kota.

“Di sekolah ada teorinya, terus (pelajar) dibawa ke sini,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji menjelaskan, Ruang KIE Kebencanaan didesain interaktif agar menarik minat warga, khususnya pelajar. Pelajar TK, SD, SMA, Perguruan Tinggi dan masyarakat umum Jakarta dapat mengunjungi Ruang KIE Kebencanaan yang beroperasi pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB.

Baca juga : BMKG Dorong Pemkab Cianjur Relokasi 9 Desa Rawan Gempa

Dijelaskan Isnawa, di dalam Ruang KIE Kebencanaan telah disiapkan beberapa ruangan tematik. Seperti ruang edukasi P3K, pemadaman kebakaran, penyelamatan diri terhadap asap kebakaran, edukasi banjir dan ruang dialog tentang kebencanaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.