Dark/Light Mode

Jam Operasional & Jumlahnya Dibatasi

Heru Bolehin Delman Beroperasi Di Monas Sabtu Dan Minggu

Senin, 9 Januari 2023 16:57 WIB
Deretan delman terparkir di dekat pintu masuk parkir IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (7/1). Pemkot Jakarta Pusat akan tegas melarang angkutan delman beroperasi di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Deretan delman terparkir di dekat pintu masuk parkir IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (7/1). Pemkot Jakarta Pusat akan tegas melarang angkutan delman beroperasi di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta mengizinkan delman beroperasi di kawasan Monas. Namun operasional delman hanya diperbolehkan pada saat akhir pekan atau Sabtu dan Minggu.

"(Pengaturan operasional) akan dibahas instansi terkait," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Senin (9/1). Menurut dia, tidak ada pelarangan permanen wisata naik delman di sekitar kawasan Monas.

Baca juga : Australia Cemas Polisi China Beroperasi Di 80 Kota Dunia

Heru bilang, pembatasan operasional ini mengingat Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asean 2023. Selain itu, lanjut Heru, banyak warga atau pengunjung Monas yang mengeluhkan bau tidak sedap dari kotoran kuda. Agar tak terlalu ramai, Heru juga meminta jumlah delman yang beroperasi dibatasi. "40 sampai 50 delman saja, misalnya," ujar dia.

Hal senada diungkap Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin. “Delman diatur di seputar Monas, Jalan Medan Merdeka pada Sabtu dan Minggu. Ini untuk menunjang lokasi Monas sebagai tujuan wisata baik penduduk Jakarta atau pun luar,” kata Iqbal, Senin (9/1).

Baca juga : Menteri Bahlil Disambut Meriah Di Unhas Makassar

Tak hanya dibatasi harinya, lanjut Iqbal, jam operasional delman juga dibatasi hanya 8 jam. Selain itu, pihaknya juga akan mengecek kelayakan delman dari segi kesehatan dan keamanan kereta. Tujuannya, menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna delman tersebut.

“Kapasitas empat orang dan ini jadi satu bagian dari pengawasan petugas di lapangan jangan sampai beban kuda terlalu berat, kesehatan akan terganggu, juga kualitasnya delman akan berpengaruh,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.