Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipatok Kelar 3 Bulan Lagi

Sodetan Ciliwung Diyakini Ampuh Atasi Banjir Di DKI

Kamis, 26 Januari 2023 07:30 WIB
Ketua Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Foto: Istimewa).
Ketua Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mematok proyek Sodetan Ciliwung, di Jakarta Timur (Jaktim), rampung April mendatang. Pembangunan ini diharapkan bisa membebaskan banjir di ratusan kelurahan.

Ketua Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Gembong Warsono memuji kinerja Heru mengeksekusi pembangunan Sodetan Ciliwung.

“Selama enam tahun kita tunggu-tunggu, semoga bisa kita rasakan manfaat Sodetan Ciliwung,” kata Gembong.

Baca juga : Heru Optimis Sodetan Ciliwung Kurangi Risiko Banjir Jakarta

Gembong mengakui, masalah banjir ini tidak mungkin dapat diselesaikan dalam waktu cepat. Tapi, prioritas Heru menyele­saikan proyek tersebut sebagai langkah tepat.

Hal senada diungkap Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan. August mengapresiasi dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), khususnya Balai Besar Wilayah Sungai CIliwung-Cisadane (WSCC), Dinas Sumber Daya Air (SDA), Camat dan Lurah sekitar bantaran Kali Ciliwung.

“Mereka mendorong masyarakat memelihara dan menjaga fungsi sungai sebagai ruang publik,” ucapnya.

Baca juga : Sodetan Ciliwung Ditargetkan Kelar April 2023

August meminta, Kementerian PUPR segera mengeksekusi proyek normalisasi sungai agar banjir di Jakarta bisa diminimalisir.

Menurut Anggota Komisi D DPRD DKI, Pemerintah perlu meminta bantuan tokoh masyarakat atau tokoh agama untuk melakukan komunikasi secara persuasif kepada warga di bantaran kali yang tidak mau direlokasi.

Direktur Pusat Studi Perko­taan Nirwono Yoga menilai, penyelesaian proyek Sodetan Ci­liwung sebagai awal yang bagus untuk menangani banjir.

Baca juga : PSI DKI Jempolin Heru Yang Lanjutin Proyek Sodetan Ciliwung

“Kalau bendungan Cimahi dan Sukamahi serta Sodetan Ciliwung dioptimalkan, akan cukup membantu mengurangi debit sungai ke Jakarta sebesar 30 persen,” kata dia.

Nirwono mendorong Pj Gubernur Heru gerak cepat membe­baskan lahan di pinggir Ciliwung dan memindahkan warganya ke rusun yang sudah dibangun Kementerian PUPR. Lalu, me­nata bantaran Ciliwung menjadi ruang publik yang menarik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.