Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipatok Beroperasi April 2023

Sodetan Ciliwung Diyakini Ampuh Tekan Banjir Jakut

Rabu, 18 Januari 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mematok proyek sodetan Kali Ciliwung di Jakarta Timur (Jaktim) rampung April 2023. Proyek ini diyakini tekan banjir di Jakarta Utara (Jakut).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengemukakan, sodetan Kali Ciliwung ini sebagai salah satu proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota. Sodetan Ciliwung ini juga merupakan bagian dari Program Strategis Nasional (PSN).

“Jika proyek ini selesai bisa mereduksi banjir sekitar 200 hektare. Mudah-mudahan banjir di sisi utara Jakarta berkurang,” kata Heru di Jakarta, kemarin.

Karena itu, Pemprov DKI memerlukan dukungan dari masyarakat. Sebab, ada warga akan terdampak proses penger­jaannya. Ada harus direlokasi.

Baca juga : Dave Laksono: Koperasi Berperan Penting Bagi Perekonomian Nasional

“Jakarta Timur (Jaktim) akan memberikan tempat yang layak untuk warga yang terdampak. Kita semua harus bergotong-royong,” kata Heru, di Jakarta, kemarin.

Heru meminta, seluruh ketua Rukun Warga (RW) di Jaktim untuk mendukung program tersebut. Karena, penanggulangan banjir sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kalau kita semua nggak bekerja sama. 10 tahun ke depan, penurunan tanah akan terus ber­langsung. Dan, masalah banjir tidak selesai,” katanya.

Seperti diketahui, Heru me­netapkan tiga program prioritas selama menjadi Pj Guber­nur. Yaitu, penanganan banjir, kemacetan dan tata ruang.

Baca juga : Masuk Peringkat 13, Jokowi Diyakini Dapat Dukungan Kuat Dari Rakyat

Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD) DKI 2023 sudah difokuskan untuk mendu­kung tiga program tersebut.

Anggota Komisi ADewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengapresiasi Pemprov DKI yang menjalankan lagi proyek sodetan Kali Ciliwung. Proyek ini merupakan bagian dari upaya normalisasi sungai. Namun mandek pelak­sanaannya.

“Pogram Normalisasi Sungai merupakan program berkelan­jutan Pemprov Provinsi DKI, siapapun gubernurnya harusnya terus berjalan,” katanya, di Ja­karta, Senin (16/1).

William meminta, relokasi warga yang terdampak proyek sodetan Kali Ciliwung dilakukan secara humanis.

Baca juga : Bersiap, Lonjakan Covid Varian Baru

Warga ber-Kartu Tanda Pen­duduk (KTP) DKI Jakarta yang terdampak baiknya direlokasi ke rusun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.