Dark/Light Mode

DPRD Dorong Bangun Sarana Prasarana MRT Jakarta

Warga Keluhkan Tempat Parkir Kendaraan Minim

Jumat, 10 Februari 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Terkendala Lahan

Direktur Utama PTMRTTuhiyat mengatakan, park and ride akan ada di depo Lebak Bulus. Namun, hingga saat ini pembangunannya masih terken­dala ketersediaan lahan.

Lokasi park and ride tersebut, kata dia, telah sesuai dengan konsep transportasi massal di negara maju. Yakni, hanya disediakan di lokasi awal perjalanan penumpang.

“Park and ride itu hanya ada di ujung ke ujung. Supaya orang naik transportasi publik,” kata Tuhiyat.

Baca juga : Festival Pasar Musik Utamakan Keselamatan Dan Kenyamanan Penonton

Menurutnya, park and ride berada di luar kota, bukan di tengah kota. Di tengah kota, justru park and ride-nya dikurangi.

Tuhiyat menjelaskan, saat ini progres MRTFase 2Atelah mencapai lebih dari 50 persen. Pihaknya kini tengah melakukan proses pengadaan konsultan un­tuk proyek MRTJ Fase 2B.

Selain itu, proyek ini akan dilanjutkan Fase 3 yang meng­konektivitaskan DKI, Banten dan Jawa Barat. Pihaknya juga merencanakan pengembangan Fase 4 yang menghubungkan Fat­mawati-Kampung Rambutan.

“Kami ingin proyek ini konti­nyu. Karena itu, diperlukan kerja sama antara Pemprov DKI dan Jawa Barat untuk mewujudkan pembangunan transportasi publik yang sustainable,” terangnya.

Baca juga : Dorong Penggunaan Transportasi Umum, Heru Resmikan Skywalk Futuristik Di Kebayoran

Tuhiyat mengatakan, pada 2022 jumlah penumpang MRTper hari dari Lebak Bulus hingga Stasiun Bundaran HI menca­pai 54.181 orang. Tahun ini, pihaknya menargetkan jumlah penumpang mencapai 65 ribu-70 ribu orang per hari.

“Untuk meningkatkan jumlah penumpang kami telah membuat skenario yang terdiri dari ske­nario konservatif, realistis dan optimis,” tandasnya.

Untuk mempercepat pengem­bangan LRTJakarta dan MRTJa­karta, serta Stasiun Tanah Abang, Pemprov DKI akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2).

Baca juga : Perppu Cipta Kerja Tepat Dan Penting

Rapat koordinasi tersebut membahas pengembangan rute LRTJakarta dari Velodrome ke Manggarai, percepatan pem­bangunan MRTJakarta fase 3 dengan rute Kembangan-Medan Satria, serta revitalisasi Stasiun Tanah Abang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.