Dark/Light Mode

DPRD Dorong Bangun Sarana Prasarana MRT Jakarta

Warga Keluhkan Tempat Parkir Kendaraan Minim

Jumat, 10 Februari 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Beliau mem-back up dan perizinan-perizinan sudah dalam proses. Saya selalu berkonsultasi dengan Pak Menteri Perhubungan,” kata Heru.

Terkait revitalisasi Stasiun Ta­nah Abang, Heru menerangkan, pengerjaannya akan dilakukan oleh tiga instansi. Yakni, Ke­menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Pemprov DKI Jakarta.

Budi Karya Sumadi mengapresiasi Heru Budi yang berkomitmen mengembangkan angkutan massal di Jakarta.

Menurutnya, Jakarta akan menjadi contoh pengembangan angkutan massal bagi kota-kota besar lain di Indonesia.

Baca juga : Festival Pasar Musik Utamakan Keselamatan Dan Kenyamanan Penonton

“Dalam rakor ini, ada tiga yang kita bahas, semuanya berkaitan dengan angkutan massal,” terang BKS-sapaan Budi Karya Sumadi.

Menurut BKS, pengembangan rute LRTJakarta dari Velodrome ke Manggarai sudah sangat baik. Manggarai merupakan stasiun sentral Kereta Rel Lis­trik (KRL) yang melayani pergerakan masyarakat dari luar kota (Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi) dan sudah terintegrasi dengan angkutan massal lain, seperti Transjakarta.

Pemprov DKI, lanjut BKS, su­dah mengalokasikan dana untuk pembangunan LRTJakarta rute Velodrome-Manggarai. Diper­kirakan, pembangunan akan selesai awal September 2024.

Dia mengapresiasi pengem­bangan rute LRTJakarta tersebut, karena akan menambah penumpang mencapai 185.000 orang.

Baca juga : Dorong Penggunaan Transportasi Umum, Heru Resmikan Skywalk Futuristik Di Kebayoran

BKS juga mendukung rencana revitalisasi Stasiun Tanah Abang yang diusulkan Pemprov DKI, dan memberikan izin penggu­naan tanah seluas empat hektar milik Kemenhub untuk dijadikan central station atau stasiun peng­ganti Stasiun Tanah Abang.

Selain itu, pihaknya juga meminta Pemprov DKI mem­perbaiki lingkungan sekitar. Sehingga para penumpang yang turun di Stasiun Tanah Abang tidak bertemu jalan. “Tapi su­dah ada taman, bangunan juga bagus,” jelas Budi.

Terkait pembangunan MRTJakarta koridor East-West, BKS mengaku telah membahasnya secara detail bersama Pemprov DKI dan PTMRTJakarta, untuk rute Kembangan-Medan Satria. Nantinya rute ini akan tersam­bung sedikit ke Bekasi.

Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan mengatakan, kemacetan di Jakarta akibat tingginya penggunaan kendaraan bermotor pribadi masuk ke tengah Jakarta. Karena itu, perlu langkah mengendalikan tingginya kendaraan bermotor pribadi masuk ke Jakarta.

Baca juga : Perppu Cipta Kerja Tepat Dan Penting

Yakni, dengan membangun sistem integrasi layanan angkutan umum massal dan mengurangi ruang parkir bagi kendaraan ber­motor pribadi di tengah Jakarta. Seperti park and ride.

Karena itu, sebaiknya dibangun di pinggir kota. Sebab, kehadiran park and ride ini seba­gai fasilitas tempat menumpang parkir kendaraan pribadi.

Dicontohkan Azas, di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Warga Lebak Bulus, Ciputat dan sekitarnya yang mau masuk ke Jakarta bisa parkir kendaraannya di park and ride Stasiun MRTdan Halte Transjakarta. Begitu juga park and ride di daerah Harapan Jaya, Bekasi yang dekat Halte Transjakarta.

“Bagi warga Bekasi yang mau ke Jakarta bisa memarkir kendaraannya di sana,” kata dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.