Dark/Light Mode

Lantik DPRD Baru, Anies Harap Wagub Jakarta Baru Disidangkan

Senin, 26 Agustus 2019 18:38 WIB
Gubernur DK8 Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DK8 Jakarta Anies Baswedan

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap anggota DPRD DKI Jakarta yang baru bisa segera merampungkan calon penggantian Wakil Gubernur DKI.  

"Harapannya segera disidangkan," ujar Anies saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, Senin, (26/8).  

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mendesak DPRD DKI menjadikan pemilihan pengganti Sandiaga Uno sebagai agenda utama.

Baca juga : DPR Usulkan Indonesia-Suriname Jalin Kerja Sama Bidang Sains

Ia menginginkan sidang utama masuk jadwal kerja awal DPRD DKI.  Anggota Fraksi Partai Gerindra Purwanto mengatakan, memilih mengisi wakil gubernur menjadi salah satu agenda utama di awal masa jabatan DPRD perioden 2019-2024.

Menurutnya, kegagalan memilih wakil gubernur pada DPRD periode sebelumnya karena habisnya masa jabatan.

“Memilih Wakil Gubernur menjadi sebuah yang penting untuk segera dituntaskan,” kata Purwanto di Jakarta.

Baca juga : Bikin Momen Romantis Bareng Pasangan di Jakarta? Bisa Kok!

Dia yakin bahwa anggota DPRD yang baru sepakat bahwa kekosongan jabatan wakil gubernur harus segera terisi. Hal ini juga demi efektifitas jalannya pemerintahan sekarang. “Ini kan sudah setengah jalan.

Tinggal finalisasinya menjadi tugas anggota DPRD yang baru," ujarnya.   Diketahui kursi wakil gubernur DKI Jakarta sudah hampir setahun kosong.

Kursi itu ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.  

Baca juga : Polusi Asap Rokok Tak Bisa Diabaikan

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, pemilihan wakil kepala daerah karena kekosongan jabatan akibat pengunduran diri, dicopot, atau meninggal melalui mekanisme pemilihan di DPRD.

Di sisi lain, rapat pimpinan gabungan (rapimgab) DPRD DKI terkait pemilihan calon wakil gubernur tak kunjung kuorum. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.