Dark/Light Mode

Pemprov DKI Didorong Tambah Kursi

Kuota Mudik Gratis Ludes

Sabtu, 8 April 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Link mudikgratisjakarta.com diakses ribuan orang secara bersamaan sehingga membuat sistem down. Dalam sehari, jumlah pendaftar sudah melebihi target. Karena itu, pada 24 Maret 2023 pukul 09.00 WIB, pendaftaran mudik gratis ditutup.

Dari hasil verifikasi dokumen, diungkap Syafrin, jumlah pendaf­tar arus mudik kelebihan peserta sebanyak 5.984 penumpang.

“Targetnya adalah 11.120 penumpang, namun peserta yang tercatat sebanyak 17.104 penumpang,” jelasnya.

Baca juga : Pemkot Bandung Tindak Tegas Warung Penjual Miras Ilegal

Sedangkan arus balik, dari target 8.160 penumpang, peserta yang tercatat sebanyak 11.402 penumpang. Terdapat kelebihan peserta sebanyak 3.242 penumpang.

Sebelum pendaftaran dibuka, Dishub telah melakukan berba­gai upaya agar program ini bisa diakses masyarakat. Antara lain, menyediakan layanan pendaf­taran offline di enam lokasi pelayanan mudik gratis.

Kemudian, membuka call cen­ter dengan nomor telepon yang disematkan di setiap papan infor­masi di enam lokasi pelayanan. Dan, menambah server sistem informasi mudik gratis.

Baca juga : Kemenhub Dorong Kegiatan Konsesi Pulau Nipa Melalui Digitalisasi

Bagi pendaftar offline yang tidak memiliki smartphone saat melakukan pendaftaran, Dishub memberikan tanda terima dokumen dan meminta nomor telepon yang dapat dihubungi. Dipastikan­nya, seluruh peserta yang mendaf­tar baik secara online maupun offline, mendapatkan notifikasi/pengumuman sudah terdaftar sebagai peserta mudik gratis.

“Tiket dikirim melalui WhatsApp (WA) Blast sebagai bentuk verifikasi ulang,” ujarnya.

Melalui WABlast ini, Dishub DKI akan akan memverifikasi kembali kepada pendaftar untuk menanyakan kepastian keper­gian. Hal ini perlu dilakukan un­tuk memastikan bahwa pendaftar menyetujui jadwal mudik/balik yang telah ditetapkan.

Baca juga : Kuota Penuh, Pemprov DKI Tutup Layanan Mudik Gratis Untuk Sementara

Program Mudik Gratis 2023 akan memberangkatkan 19.280 pemudik ke 19 kota/kabupaten di enam provinsi. Untuk arus mudik disediakan 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang. Sedangkan pada saat arus balik disediakan 204 bus berka­pasitas 8.160 penumpang.

Syafrin mengatakan, Program Mudik Gratis 2023 menghabis­kan anggaran sebesar Rp 3,27 miliar. Anggaran tersebut sudah dilaporkan kepada DPRD DKI Jakarta. Anggaran itu sudah men­cakup seluruh rangkaian mudik gratis. Antara lain, persiapan seperti sosialisasi di lima wilayah kota administrasi. Kemudian, anggaran untuk kegiatan pelak­sanaan mudik dan arus balik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.