Dark/Light Mode

Revitalisasi Pasar Anyar Kota Tangerang Mutlak Diperlukan

Rabu, 3 Mei 2023 20:10 WIB
Kondisi jalan di Pasar Anyar, Kota Tangerang. (Foto: Pemkot Tangerang)
Kondisi jalan di Pasar Anyar, Kota Tangerang. (Foto: Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Revitalisasi Pasar Anyar, Kota Tangerang, oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kian terlihat. Sebelumnya, Pemkot Tangerang telah melakukan perapihan atas kesemrawutan pedagang yang tumpah hingga ke jalan, menghambat lalu lintas, mengganggu para pejalan kaki, hingga memberikan kesan kumuh dan kotor.

Kini, lalu lintas di Pasar Anyar terlihat lengang dan lancar. Pedagang yang kerap memakan badan jalan sudah banyak berkurang. Di jam sibuk seperti pagi dan sore, Pasar Anyar pun terasa lebih lancar. Kondisi penumpukan pedagang, pejalan kaki, angkot, dan angkutan pribadi di satu jalur yang sama pun tak terlihat lagi.

Langkah Pemkot Tangerang menata Pasar Anyar ini disambut positif pengamat kebijakan publik Adib Miftahul. Dia mengatakan, penataan ini merupakan langkah yang perlu disegerakan. Pasalnya, Pasar Anyar, yang telah ada puluhan tahun, sudah waktunya mendapat peremajaan atau perapihan yang lebih layak untuk pembeli maupun pedagang.

Baca juga : Stok Pangan Aman, Harga Relatif Stabil

Dengan kesemrawutan jalur Pasar Anyar selama ini, kata Adib, revitalisasi adalah langkah mutlak yang diperlukan. Tentu, perlu diiringi strategi atau langkah-langkah yang tidak merugikan berbagai pihak.

“Kalau memang itu adalah lalu lintas yang harusnya digunakan pengendara atau pejalan kaki, ya kembalikan saja fungsi pada jalan tersebut. Ya, harusnya juga tindakan perapihan ini dilakukan dan didukung semua pihak, tak tertuju pada Pemkot Tangerang semata. Misalnya, jajaran Dewan ikut turun tangan dan mendukung langkah positif untuk keindahan Kota Tangerang ini,” ucap Adip, Rabu (3/5).

Ia menyadari, revitalisasi atau perapihan Pasar Anyar bukan hal mudah. Dengan itu, membutuhkan kerja sama semua pihak yang harusnya saling berkolaborasi, bukan mencari kekurangan satu sama lain, apalagi menggoreng isu yang membuat panas kondisi di lapangan.

Baca juga : Digitalisasi Pendidikan, Pemberdayaan Guru Perlu Dimaksimalkan

“Menurut saya, dengan mengembalikan fungsi infrastruktur pada fungsi sebenarnya ini akan memberikan efek positif ke banyak hal. Selain lalu lintas yang lancar, meningkatkan keindahan jalan, tapi juga penyuburan geliat ekonomi. Maka dari itu, semua harus saling dukung. Jika ada hal-hal kurang berkenan, baiknya dibicarakan lewat jalur-jalur yang baik, bukan provokasi,” jelas Adib.

Pemkot Tangerang melakukan penertiban pedagang yang berjualan di sisi Jalan Ahmad Yani, Pasar Anyar. Penertiban tersebut dilakukan selain karena akan ada revitalisasi Pasar Anyar, juga mengganggu arus lalu lintas kendaraan. Penertiban tidak hanya di Pasar Anyar, namun juga di lokasi lain seperti Pasar Sipon, yang banyak pedagang menggunakan fasilitas jalan umum untuk berjualan.

Direktur PD Pasar Kota Tangerang Titin Mulyati menyampaikan, revitalisasi Pasar Anyar merupakan program Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk menata ulang dan meningkatkan daya saing Pasar Anyar terhadap menjamurnya pasar modern di Tangerang.

Baca juga : Fadel: Lebaran Momen Tepat Implementasikan Pancasila

“Jadi, ini arahan Pak Presiden Jokowi, lewat program Pasar Rakyat. Sekitar tahun 2018 kan beliau pernah berkunjung ke Pasar Anyar dan alhamdulillah kita dapat bantuan dari Pak Presiden melalui PUPR untuk penataan Pasar Anyar,” terang Titin.

Oleh karenanya, Titin berharap penataan Pasar Anyar mendapatkan dukungan semua pihak agar arahan Presiden bisa segera direalisasikan. “Makanya ini harusnya didukung semua pihak, mengingat semrawutnya Pasar Anyar. Kemudian kalau dibilang kita tidak menyediakan lokasi sementara agak aneh juga, karena kita sudah sediakan lokasinya di lantai 3,” paparnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.