Dark/Light Mode

Ramah Di Kantong Karyawan

Hore, Tarif Transjakarta Ke Soetta Cuma Goceng

Senin, 14 Agustus 2023 07:30 WIB
Penumpang bersiap menaiki bus TransJakarta saat uji coba rute baru TransJakarta di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/7/2023). PT TransJakarta membuka rute baru Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta yang ditujukan untuk para pekerja bandara dan pengguna bandara. (Foto: Antara)
Penumpang bersiap menaiki bus TransJakarta saat uji coba rute baru TransJakarta di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/7/2023). PT TransJakarta membuka rute baru Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta yang ditujukan untuk para pekerja bandara dan pengguna bandara. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan DPRD menyambut positif rekomendasi Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) yang mengusulkan tarif Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Rp 5 ribu. Tarif ini dianggap ramah di kantong karyawan.

DTKJ merekomendasikan be­saran tarif rute Soetta tersebut setelah melakukan kajian dan survei kepada penumpang se­lama uji coba. Usulan tersebut telah diterima Penjabat Guber­nur DKI Heru Budi Hartono. Dia berjanji akan segera meny­erahkan usulan tarif ke DPRD DKI Jakarta untuk mendapatkan persetujuan.

“Minggu depan usulan tarif kami serahkan ke DPRD,” kata Heru di Lapangan Banteng, Ja­karta Pusat, Sabtu (12/8).

Baca juga : PAN Bakal Kembali Koalisi Sama Golkar

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, setelah mendapatkan rekomendasi tarif Transjakarta rute Seotta dari DTKJ, pihaknya sudah membahasnya sebelum diserahkan ke Pj Gubernur Heru.

Dijelaskannya, dengan tarif Rp 5 ribu, penumpang sudah mendapatkan subsidi atau Pub­lic Service Obligation (PSO) dari Pemprov DKI Jakarta. Jika tidak ada subsidi, penumpang harus membayar Rp 12 ribu. “Selisih­nya (Rp 7 ribu) itu disubsidi Pemerintah,” kata Syafrin.

Berdasarkan hasil evaluasi uji coba, lanjut Syafrin, fasilitas bagasi belum diperlukan. Karena penumpang di rute tersebut masih didominasi karyawan yang bekerja di kawasan Bandara Soetta, bukan penumpang yang ingin naik pesawat.

Baca juga : Pengguna Sepeda Motor Pindah Naik Transjakarta

Meski begitu, Dishub DKI Ja­karta memastikan akan menye­suaikan layanan dengan kebutuhan dan permintaan penumpang. “Jika nanti banyak penumpang pesawat menggunakan layanan ini, kami akan menyediakan fasilitas bagasi,” imbuhnya.

Uji coba layanan Transjakarta rute Kalideres-Soetta telah di­lakukan selama dua pekan sejak 5 juli hingga 19 Juli 2023. Me­lihat animo masyarakat cukup tinggi, uji coba diperpanjang. Selama uji coba, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 10 armada bus dengan jadwal operasional pukul 06.00 WIB-09.00 WIB dan pukul 18.00 WIB-21.00 WIB.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga setuju usulan tarif Transjakarta Kalideres-Soetta cuma Rp 5 ribu atau goceng. “Besaran tarif ini wajar, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.