Dark/Light Mode

Resmikan Reservoir Komunal Rusun Muara Baru

Pj. Heru Pastikan Terus Bangun Infrastruktur Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Rabu, 4 Oktober 2023 12:29 WIB
Peresmian Operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10) oleh Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)
Peresmian Operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10) oleh Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, diresmikan pada Rabu (4/10) oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Tidak hanya di Muara Baru, Heru Budi juga pembangunan reservoir komunal akan terus bertambah di lokasi-lokasi yang kekurangan air bersih. 

Hal ini juga dilakukan untuk menghadapi musim kemarau panjang kedepannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Perumda PAM Jaya yang melakukan aksi untuk memberikan pelayanan air bersih kepada warga Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara ini," kata Pj. Gubernur Heru. 

Reservoir Komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya.

Baca juga : Dukung Operasional LRT Jabodebek, BNI Pastikan Insfrastruktur Pembayaran Siap

Reservoir dibangun Perumda PAM Jaya untuk merealisasikan target 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada tahun 2030 bagi seluruh warga Jakarta.

Heru mengatakan ini juga untuk meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pembangunan reservoir komunal di Mauara Baru juga sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di Penjaringan.
 
Heru meminta camat, lurah, RT, dan RW di Penjaringan agar dapat memelihara dengan baik reservoir komunal Waduk Pluit yang telah dibangun. 

Selain itu, ia juga meminta air dari reservoir komunal dapat digunakan warga secara bijak.

"Saya titip dirawat. Ini adalah aset PAM Jaya yang digunakan untuk kepentingan warga agar mendapatkan air bersih. Bersama kita jaga fasilitas ini dengan baik untuk seluruh masyarakat di wilayah Muara Baru," ujar Pj. Gubernur Heru.

Baca juga : Ombudsman RI: Variabel Kepatuhan Substantif Masuk Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik 2023

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Arief Nasruddin mengatakan, secara total pihaknya membangun empat tambahan reservoir komunal dan satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) portable.

Adapun pembangunan memakan total biaya investasi mencapai Rp 41 miliar untuk perbaikan pelayanan kepada 7.741 pelanggan.

Arief mengatakan pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya. 

"Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Sehingga pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup," kata Arief.

Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit berlangsung selama tiga bulan dengan debit air 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, dan cakupan perbaikan 282 pelanggan. 

Baca juga : Gardu Ganjar Sediakan 5 Ribu Makanan Gratis Untuk Pengunjung

Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Selain Reservoir Komunal Waduk Pluit, Perumda PAM Jaya juga melakukan operasionalisasi tiga reservoir komunal lainnya di berbagai wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, yakni Reservoir Komunal Cilincing, Jakarta Utara; Reservoir Komunal Marunda, Jakarta Utara; dan Reservoir Komunal Tamansari, Jakarta Barat.
 
"Total reservoir yang dibangun oleh PAM Jaya saat ini adalah enam reservoir komunal. Sebelumnya sudah terbangun reservoir komunal di Marunda Kepu," terang Arief.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.