Dark/Light Mode

Menteri Erick Blusukan Ke Pasar Cipinang

Stok Bertambah, Harga Beras Di DKI Menjinak

Sabtu, 7 Oktober 2023 07:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir saat mengecek stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (4/10). (Foto: Antara)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir saat mengecek stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (4/10). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menurut Sri, pihaknya turut melakukan monitoring perkem­bangan dan pendistribusian beras Bulog.

“Pemprov DKI punya tang­gung jawab dan berkontribusi dalam pengendalian inflasi di tingkat nasional. Kontribusi DKI sekitar 27 persen untuk nasional dan di Jakarta saat ini inflasinya 1,89 persen, dibanding nasional 2,8 persen. Jadi Jakarta masih on the track,” papar Sri.

Baca juga : Erick: Wasit Aja Ketangkep, Apalagi Penimbun Beras

Selama kurun waktu tujuh tahun terakhir ini, diakui Sri, terjadi kenaikan harga beras yang paling tinggi di dunia. Sehingga Pemerintah Pusat ber­sama Pemprov DKI Jakarta terus mengecek produksi nasional dan kebutuhan masyarakatnya.

Dengan semakin banyaknya beras digelontorkan di Jakarta, Sri bilang, secara grafik, harga beras menurun.

Baca juga : Menteri Siti Turun Gunung Selidiki Kebakaran Di TPA Sampah

“Saya imbau masyarakat agar tetap tenang karena di gudang-gudang beras cukup banyak,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Food Sta­tion Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan, keterse­diaan beras dibandingkan dua pekan lalu sudah terjadi penam­bahan dari 24.000 ton menjadi 31 ribu ton lebih. Harga juga sudah mengindikasikan penu­runan yang signifikan, yakni sekitar 11 persen, dari Rp 12.600 per kilogram (kg) dua pekan lalu menjadi Rp 11.158 per kg.

Baca juga : Kemenperin Percayakan Lemigas Jadi Lembaga Sertifikasi SNI Pelumas

“Penurunan harga terjadi karena ada suplai beras SPHP dari Bulog dan suplai dari sejumlah daerah. Pasokan beras yang masuk ke Pasar Induk Cipinang setiap hari 2.500 sampai 3.000 ton,” ucap Pamrihadi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 7/10/2023 dengan judul Menteri Erick Blusukan Ke Pasar Cipinang, Stok Bertambah, Harga Beras Di DKI Menjinak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.