Dark/Light Mode

Di Wilayah Kunker Presiden

Baliho Parpol Dan Capres Dicopotin Satpol PP

Rabu, 1 November 2023 07:40 WIB
(Foto: Dok. Istimewa)
(Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selasa (31/10/2023), Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bali, wilayah yang selama ini dikenal sebagai kandang Banteng. Yang menarik, sebelum Jokowi tiba di lokasi, semua baliho parpol dan spanduk Capres-Cawapres yang berada di jalanan yang akan dilewati Jokowi, dicopotin oleh Satpol PP. Pencopotan ini atas perintah Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya.

Pencopotan baliho Capres-Cawapres ini, dilakukan sesaat sebelum Jokowi mendarat di Bali.

Baca juga : Wapres Siapkan Strategi

Kepala Satpol PP Bali Nyoman Rai Dharmadi mengaku, pencabutan itu, merupakan perintah Pj Gubernur Bali . “Yang pasti, kami diminta untuk mencabuti atribut partai politik di lokasi,” tegas Dharmadi.

Kata Dharmadi, pencabutan atribut partai politik juga dilakukan di kawasan Renon, Denpasar. Tepatnya di lokasi makan siang Presiden dan rombongan, sebelum bertolak ke Nusa Dua.

Baca juga : Kemendagri Ingatkan Pesan Presiden Soal Kedaulatan Digital

“Itu untuk membangun suasana netral sebenarnya. Menurut saya, benar juga agar tidak terkesan memihak salah satu partai tertentu, termasuk beberapa titik di Renon,” tegasnya.

“Ada (baliho) Kaesang kan kita cabuti juga. Termasuk baliho yang ada gambarnya Pak Jokowi pun di baliho PSI kita cabuti. Tidak masalah itu. Perintahnya begitu. Kita lakukan sesuai dengan apa yang disampaikan ke kita,” tambah Dharmadi, ketika ditanya wartawan terkait pencopotan baliho bergambar Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Di Rapimnas Golkar, Prabowo Sebut Ridwan Kamil Pantas Jadi Capres Dan Cawapres

Ia menyampaikan tak ada sentimen tertentu dari penurunan baliho dan bendera itu. Bahkan, menurutnya, tak salah dan selama ini jajaran Satpol PP kabupaten/kota sudah diarahkan untuk menurunkan atribut sementara mengingat KPU belum mengumumkan masa kampanye.

“Kan mencabuti, bukan merusak. Nanti setelah itu silakan dipasang kembali. Kami tidak merusak kok, karena itu kami melaksanakan tugas sesuai amanah saja, arahan saja. Yang pasti itu sesuai arahan Pak Pj Gubernur Bali terakhir, sekitar jam 08.30 WITA,” kata Dharmadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.