Dark/Light Mode

Bersih-Bersih Lingkungan, Warga Kalibata City Wujudkan Kekompakan

Senin, 20 November 2023 14:31 WIB
Warga Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan saat melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar apartemen, Minggu (19/11/2023). (Foto: Istimewa)
Warga Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan saat melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar apartemen, Minggu (19/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan menunjukan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan.

Hal itu ditandai dari kegiatan bersih-bersih yang dilakukan warga Apartemen Kalibata City di sekitar tempat mereka menetap, Minggu (19/11/2023).

Pembina Warga Cinta Kalibata City, Musdalifah Pangka mengatakan, kegiatan kerja bakti ini menjadi wujud kekompakan warga, menjelang momentum pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Apartemen Kalibata City.

“Senang sekali antusiasme warga luar biasa. Mulai dari penghuni, tenant, karyawan, petugas keamanan dan semua lapisan di Kalibata City berkumpul untuk mengikuti kerja bakti hari ini. Warga Cinta Kalibata City bergerak langsung ke setiap sudut untuk dibersihkan,” kata Musdalifah, dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Baca juga : Mentan Ajak Pemuda Kalsel Wujudkan Kembali Swasembada

Musdalifah mengklaim, warga telah berupaya menerapkan standard operating procedure (SOP) untuk menjadikan Apartemen Kalibata City sebagai hunian bersih. 

“Kegiatan kebersihan seperti kerja bakti ini dapat dilakukan secara rutin setiap bulannya, dengan semakin banyak warga yang terlibat, untuk kekompakan. Ayo bersama-sama kita bangun Kalibata City menjadi lebih damai, harmonis, beriman, layak dan patut dihuni,” ajak Musdalifah.

Sementara itu, Ketua RT Tower Tulip Endang Kurnia Hasyim sepakat jika program kerja bakti dilaksanakan secara rutin.

Tujuannya guna menggugah warga untuk berkumpul dan bersama-sama menjaga lingkungan.

Baca juga : Pertamina Hulu Kaltim Kembangkan Kampung Kopi Luwak

"Tidak hanya berkaitan dengan kebersihan, tetapi juga kerukunan dalam bertetangga," ucap Endang

Untuk menciptakan kerukunan, Endang menjelaskan bahwa pengurus RT di setiap tower sudah membentuk wadah untuk komunikasi antar-warga.

Selain itu, di Kalibata City juga dibangun komunitas-komunitas dari semua aspek. Mulai dari basket, senam zumba, keagamaan, hingga bazar UMKM, posyandu, dan yang terbaru posbindu untuk lansia.

Sedangkan penghuni Tower Raffles, Budiman Ahmad Pakki, yang turut serta dalam kerja bakti mengungkapkan, tradisi yang baik ini perlu dilanjutkan.

Baca juga : Kementan Dan BUMN Komit Wujudkan Swasembada Gula

Karena dapat membangun suatu kesan kebersamaan dan rasa saling memiliki. Sehingga semua warga akan ikut berpartisipasi memelihara lingkungan Kalibata City.

Di kesempatan sama, Santi, pemilik unit Tower Lotus juga mengapresiasi pengelolaan Kalibata City saat ini yang cepat tanggap dalam merespons segala keluhan warga. Seperti kendala listrik atau air, termasuk kebersihan dan lainnya.

“Padahal di sini ada puluhan ribu unit, tetapi kalau ada masalah, lapor ke yang berkewajiban pasti ditangani," imbuh Santi.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan di wilayah tinggal masing-masing demi menanggulangi banjir di musim penghujan, melalui kerja bakti massal bertajuk ‘Bakti Kita Untuk Jakarta’.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.