Dark/Light Mode

Diproyeksi Awal Tahun 2024

Siap-siap, DKI Diguyur Hujan Ekstrem Tiap Hari

Rabu, 22 November 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

 Sebelumnya 
Kerja Bakti Massal

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mengantisipasi potensi banjir besar dengan menggelar kerja bakti massal serentak di seluruh wilayah Ibu Kota pada Mingggu (19/11).

Kegiatan bertema, Bakti Kita untuk Jakarta ini melakukan pembersihan selokan hingga sungai. Peserta kegiatan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW), pe­gawai Pemerintah tingkat Kota, Kabupaten, dan petugas Pelangi Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Yunani Vs Belanda, De Oranje Masih Punya Asa

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Ika Agustin mengatakan, kegiatan kerja bakti massal ini ditujukan untuk mengurangi potensi banjir akibat timbunan sampah dan endapan pada sa­luran air yang membuat sungai semakin dangkal.

“Pemerintah menyadari bah­wa salah satu alasan air meluap dari sungai adalah pendangkalan dasar sungai akibat sedimentasi endapan. Sehingga diperlukan langkah siaga sebagai upaya mengantisipasi segala kemung­kinan yang dapat terjadi di musim hujan,” ujar Ika di Jakarta, Sabtu (18/11).

Lebih lanjut, Ika mengata­kan, selain mencegah banjir, kerja bakti massal diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat gotong royong dan memupuk rasa kecintaan warga terhadap kotanya.

Baca juga : Menko Polhukam: KPU Siap-siap Digugat Sengketa Pemilu

Kegiatan kerja bakti massal ini menargetkan pengangkutan lumpur dari seluruh sungai di Jakarta sebanyak 672.206 meter kubik yang dibagi menjadi 4 (empat) skala kegiatan. Yaitu, skala kota, kecamatan, warga dan berkelanjutan.

“Dari masing-masing skala tersebut, kerja bakti dilakukan di satu segmen sungai atau ka­nal besar dan bergotong royong membersihkan bantaran sungai yang dibantu dengan alat berat untuk mengeruk dasar sungai,” kata Ika.

Adapun titik pelaksanaan pada skala kota dilakukan pengerukan dengan total sepanjang 25,087 kilometer (km).

Baca juga : Luar Biasa, Timnas U-23 Bantai Taiwan 9 Gol Tanpa Balas

Rinciannya, Jakarta Utara 7,2 km, Jakarta Barat 6,3 km, Jakarta Pusat 3,56 km, Jakarta Timur 3,21 km dan Jakarta Se­latan 4,8 km.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.