Dark/Light Mode

Diproyeksi Awal Tahun 2024

Siap-siap, DKI Diguyur Hujan Ekstrem Tiap Hari

Rabu, 22 November 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jakarta diguyur hujan deras berhari-hari pada Januari hingga Februari tahun depan. Kondisi tersebut akan membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota teredam banjir besar.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepu­din mengungkapkan, pemicu utama terjadinya hujan eks­trem adalah angin monsun atau monsoon Asia yang disertai hembusan udara dingin hingga fenomena atmosfer Madden-Julian Oscillation (MJO).

Baca juga : Yunani Vs Belanda, De Oranje Masih Punya Asa

“Kita perhatikan kejadian banjir besar itu di periode Januari dan Februari di wilayah DKI Jakarta. Kenapa bisa seperti itu terjadi? Karena di bulan tersebut periode puncak musim hujan untuk wilayah DKI,” kata Miming di acara Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Provinsi DKI Ja­karta secara daring, Rabu (15/11).

Miming menuturkan, potensi banjir harus diwaspadai. Karena secara historis, hujan besar se­lalu menyebabkan banjir.

Baca juga : Menko Polhukam: KPU Siap-siap Digugat Sengketa Pemilu

Dijelaskannya, ketika MJO terjadi, monsunnya kuat dan hembusan udara dingin, nanti secara lokal akan berpotensi terjadi hujan ekstrem. Fenomena ini biasanya tak hanya membuat curah hujan besar dalam satu hari saja, tetapi bisa berhari-hari.

Hujan dengan curah besar berhari-hari, papar Miming, bisa membuat tanah jenuh. Sehingga ketika sudah jenuh, tanah sudah tak bisa meresap air lagi. Artinya, hujan dengan intensitas rendah saja bisa menyebabkan banjir.

Baca juga : Luar Biasa, Timnas U-23 Bantai Taiwan 9 Gol Tanpa Balas

Miming menyebut secara historis banjir di Jakarta memi­liki lokasi yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan ada di Jakarta Utara. “Tapi perlu analisis lebih lanjut apakah kejadian banjir pada waktu-waktu tersebut ber­barengan dengan kondisi rob,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.