Dark/Light Mode

PTSL 2023 Tuntas

BPN Jakut Serahkan 1.628 Sertipikat dan 19 Sertipikat Elektronik ke Warga

Senin, 4 Desember 2023 20:21 WIB
Kepala BPN Jakut Taufik Suroso Wibowo menyerahkan sertipikat ke warga. (Foto: Istimewa)
Kepala BPN Jakut Taufik Suroso Wibowo menyerahkan sertipikat ke warga. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara (Jakut) berhasil menuntaskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di akhir 2023. Target ini lebih cepat dari target penyelesaian PTSL tingkat nasional yang ditargetkan selesai pada 2025.

Pelaksanaan PTSL di Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang dimulai sejak 2017 hingga 2021 telah menerbitkan 61.356 bidang tanah dan telah diserahkan sebanyak 57.993 bidang. Berdasarkan dashboard Kompoterisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) terdapat sisa (Residu K1) yang belum diserahkan sebanyak 3.512 bidang. Selanjutnya, dalam kegiatan PTSL Tahun Anggaran 2022 dan PTSL Tahun Anggaran 2023, Residu K1 tersebut telah diselesaikan.

Wujud komitmen BPN Jakarta Utara dalam melaksanakan PTSL 2023 tuntas adalah dengan adanya target penyerahan sertipikat PTSL 2023 sejumlah 4.103 bidang untuk Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Baca juga : Jamin Kepastian Hukum, Wapres Ma'ruf Serahkan 102 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Papua

Rinciannya, sertipikat PTSL Tahun 2023 Tahap Pertama sebanyak 1.262 bidang (telah diserahkan kepada masyarakat pada bulan Mei 2023), Tahap Kedua sebanyak 1.628 bidang dan Tahap Ketiga sebanyak 1.213 bidang.Pada Senin (4/12) juga telah diserahkan Sertipikat PTSL Tahun Anggaran 2023 Tahap Kedua dari jumlah 1.628 bidang tanah yang telah selesai menjadi sertipikat.

Sebanyak 19 bidang Sertipikat Elektronik dari Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu diserahkan di Istana Negara Jakarta oleh Presiden Jokowi, sebanyak 50 Sertipikat dari Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara diserahkan di Balaikota DKI Jakarta Bapak Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan sebanyak 1.477 bidang Sertipikat diserahkan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara Wali Kota Jakarta Utara yang diwakili Sekretaris Kota (Seko) Abdul Khalit dan Forkopimko Kota Administrasi Jakarta Utara.

"Ini semua tercapai berkat support semua pihak, mulai Forkomimpo, warga, relawan dan para petugas di BPN," kata Kepala BPN Jakut Taufik Suroso Wibowo.

Baca juga : Wamen ATR/BPN Serahkan Sertipikat Taman Masjid Al Jabar Di Bandung

Dikatakan pria yang juga Ketua Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) DKI Jakarta ini, pada akhir Desember 2023, PTSL Tahun Anggaran 2023 akan tuntas tanpa Residu K1. "Sertipikat sebanyak 1.213 bidang akan diserahkan di Loket Pelayanan PTSL Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara secara bertahap," tegas Taufik.

Selain itu, di hari ini yang sama, juga dilaksanakan peluncuran dan penyerahan Sertipikat Elektronik oleh Presiden Jokowi, sebanyak 21 bidang Sertipikat Aset Warga dan 7 bidang Sertipikat Aset PLN telah diterbitkan secara elektronik. Sebanyak 19 Sertipikat Elektronik Aset Warga dan 1 bidang Sertipikat Elektronik Aset PLN akan diserahkan Presiden di Istana Negara Jakarta.

Dengan diterbitkannya Sertipikat Elektronik di Wilayah Kerja Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, berarti Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara telah meletakan pondasi untuk melakukan pelayanan elektronik yang berstandar dunia, yang akan melahirkan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi pemiliknya. Namun, selanjutnya terdapat pekerjaan yang sangat besar yaitu melakukan peningkatan data elektronik dan validasi data elektronik.

Baca juga : Top, Menteri ATR/BPN Serahkan 10 Ribu Sertipikat, 1700 Untuk Masyarakat Pesisir

Pencapaian penyelesaian PTSL dan penerbitan sertipikat elektronik merupakan kerja sama antara Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara dengan empat pilar yaitu Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kodim 0502/Jakarta Utara, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kapolres Kepulauan Seribu, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dan seluruh komponen masyarakat juga peserta kegiatan PTSL.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.