Dark/Light Mode

Tetap Sehat Rayakan Malam Tahun Baru

Jangan Lupa Vaksin Dan Pake Masker Ya

Jumat, 29 Desember 2023 07:30 WIB
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta sedang mendengarkan arahan petugas kepolisian dalam rangka persiapan mengamankan malam pergantian tahun di Jalan M.H. Thamrin dan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. (Foto: Berita Jakarta)
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta sedang mendengarkan arahan petugas kepolisian dalam rangka persiapan mengamankan malam pergantian tahun di Jalan M.H. Thamrin dan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. (Foto: Berita Jakarta)

 Sebelumnya 
Dinkes juga menyediakan unit reaksi cepat. Pihaknya akan menyediakan ambulans dalam bentuk motor, sepeda dan skuter agar lebih mudah melakukan mobilitas ketika ramai.

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Ngabila Salama memprediksi, kenaikan kasus Covid-19 bakal terjadi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ngabila menjelaskan, pola kenaikan kasus Covid-19 seperti flu atau pneumonia terjadi per enam bulan. Hal ini terjadi karena pancaroba atau peralihan musim, yang biasanya terjadi penurunan kadar antibodi dalam tubuh terhadap virus.

Baca juga : Jangan Salah Jalan, Ini Rute Rekayasa Lalu Lintas Menuju Sudirman-Thamrin

Karena itu, dia menyarankan warga untuk melengkapi vak­sinasi booster ke-4 dan deteksi dini Covid-19, khususnya bagi kelompok rentan.

“Karena mereka jika terin­feksi, berpeluang lebih besar meninggal,” ingatnya.

Selain itu, lanjut Ngabila, orang yang belum vaksin atau yang memiliki imunodefisiensi berpeluang menciptakan mutasi virus baru. Covid-19 akan terus bermutasi menjadi lebih mudah menular meski gejalanya akan lebih ringan. Dan, dampaknya tetap parah untuk orang yang belum vaksin.

Baca juga : TMII Suguhkan Atraksi Drone Dan Fashion Show

Namun, Ngabila mengimbau warga tidak panik. Yang penting, ditekankannya, tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) selama berkegiatan di luar rumah.

Dia menambahkan, tidak ada aturan khusus atau pembatasan aktivitas selama libur Nataru.

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Na­taru, anggota DPRD DKI Jakarta Rasyidi mengimbau warga agar menerapkan prokes.

Baca juga : Semarakkan Natal dan Tahun Baru, Ini Channel Transaksi Digital BNI

“Warga sudah belajar cuci tangan hingga pakai masker saat pandemi. Itu perlu diterap­kan lagi,” kata Rasyidi, Selasa (26/12/2023).

Dia meminta Dinkes DKI untuk terus menggencarkan sosialisasi prokes untuk mengantisipasi dampak-dampak penularan Covid-19 kepada masyarakat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 29/12/2023 dengan judul Tetap Sehat Rayakan Malam Tahun Baru, Jangan Lupa Vaksin Dan Pake Masker Ya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.