Dark/Light Mode

Pemprov DKI Bangun Infrastruktur Di Jaktim

Saluran Dan Pintu Air Beres, Semoga Aja Bebas Banjir

Senin, 8 Januari 2024 07:30 WIB
Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun 85 saluran air sepanjang tahun 2023. Pembangunan dilakukan dalam tujuh tahap. (Foto: Ist)
Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun 85 saluran air sepanjang tahun 2023. Pembangunan dilakukan dalam tujuh tahap. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menurutnya, pembangunan saluran air baru ini menggunakan beton U Ditch dan box cul­vert dengan ukuran bervariasi. Mulai dari ukuran 40 centimeter (cm) hingga 150 cm, tergantung dari kondisi di lapangan.

“Pembangunan dilakukan se­cara bertahap sejak 8 Maret hing­ga 15 Desember,” ungkapnya.

Sejumlah lokasi yang dibangun saluran air baru ini, antara lain di Jalan Giri Kencana, RW 02, Cilangkap sepanjang 669 meter.

Saluran dibangun menggu­nakan beton U-ditch ukuran 60x60 cm sepanjang 644 meter dan box culvert ukuran 60 cm sepanjang 25 meter.

Baca juga : PLN Sinergikan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Di Kabupaten Bekasi

Kemudian, pembangunan saluran air dengan menggunakan beton U-ditch sepanjang 489 meter di Jalan Lewa, RW 10, Kelurahan Pekayon.

Selanjutnya, pembangunan saluran air sepanjang 229 meter di Jalan Sukapura Timur 6, Gang Senggol, RW 09, Cakung Barat, menggunakan material beton U Ditch ukuran 40 sentimeter dan box culvert ukuran 80 sentimeter.

Lalu, saluran air sepanjang 358 meter di Jalan Rorotan IX, Gang 4, Cakung Timur, menggu­nakan U Ditch ukuran 80 cm dan box culvert 80 cm serta sejumlah lokasi lainnya.

Selain membangun saluran air, pihaknya juga melakukan pem­bangunan konstruksi saluran air dengan metode jacking di Jalan Swadaya Raya, Kelurahan Pon­dok Ranggon, Cipayung.

Baca juga : Peduli Warga, Relawan Ganjar Milenial Salurkan Bantuan Air Bersih Di Grobogan

Panjangnya mencapai 358,9 dengan kedalaman 6,5 meter dan dibagi dalam dua model. Saluran ini menggunakan saluran U-ditch ukuran 80x80x120 cm sepanjang 239,2 meter dan saluran jacking sepanjang 119,7 meter.

Kinerja dari jajaran Sudin SDA Jaktim ini diapresiasi Ketua RT 06/02, Kelurahan Cilangkap, Unus.

Dia bilang, setelah saluran air dibangun di Jalan Giri Ken­cana, kini wilayahnya sudah tak tergenang lagi ketika terjadi hujan deras.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Sudin SDA Jakarta Timur yang merealisasikan usulan warga ini,” katanya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel: Perlu Peningkatan Infrastruktur Drainase untuk Antisipasi Banjir

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 8/1/2024 dengan judul Pemprov DKI Bangun Infrastruktur Di Jaktim, Saluran & Pintu Air Beres, Semoga Aja Bebas Banjir    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.