Dark/Light Mode

Pejalan Kaki Di Jakarta Timur Protes

Trotoar Diserobot PKL Dan Jadi Lapak Parkiran

Minggu, 10 Maret 2024 06:50 WIB
Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar depan Masjid Istiqlal di Sawah Besar, Jakarta, Selasa (5/3/2024).  (Foto: Antara Foto/Aditya Pradana Putra/Spt)
Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar depan Masjid Istiqlal di Sawah Besar, Jakarta, Selasa (5/3/2024). (Foto: Antara Foto/Aditya Pradana Putra/Spt)

 Sebelumnya 
“Kita tidak pernah melarang orang berdagang, tapi ada tempatnya. Jangan mengokupasi trotoar yang diperuntukkan un­tuk pejalan kaki dan disabilitas,” tegasnya.

Kepala Seksi Pengendalian Operasi Sudinhub Jakpus Haryo Bagus mengungkapkan, ke­giatan penertiban parkir liar ini dilaksanakan di Jalan Cempaka Putih Tengah, Kelurahan Cem­paka Putih Timur, sepanjang 1,3 kilometer (km).

“Kawasan jalan tersebut di sejumlah titik kerap jadi tempat parkir liar kendaraan roda dua. Hasilnya sebanyak 63 kendaraan roda dua kita tindak,” ujar Haryo.

Baca juga : Liverpool Vs Manchester City, Saling Bunuh Demi Kursi Puncak

Hal serupa dilakukan petu­gas gabungan Jakarta Selatan (Jaksel) sebanyak 70 personel gabungan melakukan penertiban PKL dan parkir liar di wilayah Kecamatan Kebayoran Baru pada Kamis (7/3/2024)

Kasatpol PP Jaksel Nanto Dwi Subekti mengatakan, penertiban ini dilakukan di Jalan Senopa­ti Raya dan Jalan Sudirman, dengan menyasar kendaraan dan pedagang yang mengokupasi jalan dan trotoar.

Nanto menjelaskan, penertib­an ini mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Baca juga : Tenis BNP Paribas Open 2024, Bak Tembok, Sinner Pun Melaju

“Kita harus sesuaikan fungsi jalan dan trotoar. Penertiban ini untuk kenyamanan dan keamanan bersama,” ujarnya.

Kepala Seksi Penyidik Pega­wai Negeri Sipil Satpol PP Jaksel Daniel Soalon menambahkan, dalam pelaksanaan BTT di dua ruas jalan dan trotoar tersebut, pihaknya memberikan surat peringatan kepada 20 PKL agar tidak berjualan lagi karena melanggar aturan.

“Penertiban akan terus gencar­kan di semua wilayah kecamatan di Jakarta Selatan agar estetika kota terjaga, tertib, rapi dan bersih,” ungkapnya.

Baca juga : Geledah Rumah Pengusaha, Kejagung Sita Uang Rp 33 M

Sementara Kepala Sudinhub Jaksel Bernad Octavianus Pasaribu menuturkan, dalam pelaksanaan BTT ini juga dilakukan penindakan OCP sebanyak 26 sepeda motor dan satu kendaraan roda empat.

“Penindakan ini kita lakukan untuk memberikan efek jera,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 10 Maret 2024 dengan judul Pejalan Kaki Di Jakarta Timur Protes, Trotoar Diserobot PKL Dan Jadi Lapak Parkiran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.