Dark/Light Mode

Warga DKI Lagi Susah Karena Beras Mahal

Pembelian Motor Patwal VVIP Sebaiknya Ditunda

Rabu, 13 Maret 2024 06:50 WIB
Ilustrasi motor patwal Dishub DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi motor patwal Dishub DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Bisa diinvestigasi dengan anggaran tersebut berapa harga per unitnya apakah relevan atau tidak dengan anggaran tersebut,” kata Rany.

Diakui Rany, KDO penga­walan pimpinan VVIP harus dalam kondisi prima. Karena, ketika sedang melaksanakan tu­gas pengawalan, tiba-tiba motor pengawal mengalami kerusakan di jalan, bisa menimbulkan risiko tinggi.

Dalam situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dishub DKI Ja­karta mengalokasikan anggaran pembelian lima motor listrik baru. Pembelian itu tertera dengan nama tender “Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Mo­tor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.”

Baca juga : Atletico Madrid Vs Inter Milan, Misi Bungkam Si Ular Besar

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 6.354.750.000 untuk membeli lima unit motor listrik. Proses pemilihan penyedia mo­tor listrik ini akan dimulai pada Maret 2024 dan berakhir Juni 2024. Pemanfaatan motor listrik ini ditargetkan dimulai pada Desember 2024.

Sesuai Inpres

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, pembelian motor besar listrik tersebut sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penggunaan Kendaraan Bermo­tor Listrik Berbasis Baterai (Bat­tery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca juga : Persiapan All England 2024, Fajri Ingin Bermain Lepas

Tidak hanya itu, Syafrin me­nyebut anggaran motor listrik juga sudah dibahas.

“Sudah dibahas dalam pem­bahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2024,” kata Syafrin, Minggu (10/3/2024).

Syafrin menjelasakan, pem­belian motor listrik ini untuk menggantikan motor patroli dan pengawalan yang sudah tua.

Baca juga : Cantik Berkerudung

“Peruntukannya untuk Pengawalan Gubernur atau Wakil Gubernur terpilih nantinya,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 13 Maret 2024 dengan judul Warga DKI Lagi Susah Karena Beras Mahal, Pembelian Motor Patwal VVIP Sebaiknya Ditunda

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.