Dark/Light Mode

Tersambung Jaringan Air PAM

Warga Kamal Hemat Ratusan Ribu/Bulan

Kamis, 21 Maret 2024 06:50 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) berbincang dengan warga saat mengecek distribusi air bersih perpipaan PAM Jaya di RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) berbincang dengan warga saat mengecek distribusi air bersih perpipaan PAM Jaya di RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Heru menilai, kehadiran akses pipa baru ini telah mengurangi beban pengeluaran warga sekitar untuk membeli air bersih.

Diungkapkan Heru, biaya yang dikeluarkan warga untuk pemenuhan air bersih sebelum terpasang pipa PAM Jaya bisa mencapai Rp 400.000 per bulan. Dengan menggunakan air bersih dari PAM Jaya, warga dapat menghemat pengeluaran.

“Saya titip kepada warga untuk menggunakan air bersih dengan bijak, karena kebutuhannya cukup banyak se-Jakarta,” tambahnya.

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Kemenangan Harga Mati

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menjelaskan, saat ini masih terdapat berbagai kawasan yang berpotensi mengalami krisis air di ujung pesisir Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda PAM Jaya tengah gencar menanggulangi permasalahan tersebut, terutama dalam mengha­dapi musim kemarau.

“Seperti, di sekitar Cilincing, Marunda, Muara Baru, itu akan kita prioritaskan,” sebut Heru.

Dia menambahkan, saat ini, pipanisasi yang telah dikerjakan PAM Jaya untuk memenuhi akses air bersih warga Jakarta baru mencapai sekitar 69 persen. Seperti diketahui, PAM Jaya menargetkan pipanisasi air ber­sih di seluruh wilayah Jakarta tercapai pada 2030.

Baca juga : Halep Dikritik Wozniacki

“Tahun ini target kami 88.000 (sambungan baru), namun untuk saat ini sudah sekitar 20 ribuan,” kata Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin.

Arief bilang, pihaknya akan terus melakukan pipanisasi air sehingga semakin banyak warga Jakarta yang terakses air bersih. Penggunaan air pipa sangat penting untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari penurunan muka tanah akibat penyedotan air secara masif.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 21 Maret 2024 dengan judul Tersambung Jaringan Air PAM, Warga Kamal Hemat Ratusan Ribu/Bulan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.