Dark/Light Mode

Sentil Usul Program Atasi Banjir Dan Macet 2025

Ketua DPRD: Banyak Kegiatan Copy Paste

Sabtu, 23 Maret 2024 06:50 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2025, di kantor Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Tanah Abang, Kamis (21/8/2024). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2025, di kantor Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Tanah Abang, Kamis (21/8/2024). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tambah Rumah Pompa

Heru menyebutkan, di daerah rawan banjir di Ibu Kota harus ditambah tempat-tempat penam­pungan air dan infrastruktur penunjang lainnya.

Baca juga : Tim Garuda Siap Akhiri Kutukan

“Jadi, titik-titik tertentu di Jakarta masih ada banjir. Poin masuk akalnya adalah kita harus tambah pompa portabel, dinding penahan (sheet pile), embung, pintu air, peninggian jalan dan lain sebagainya,” kata Heru. Heru belum menyebutkan bera­pa jumlah pompa, dinding pe­nahan dan embung yang akan ditambah di Jakarta. Karena, menurutnya, Pemprov terlebih dahulu mengecek lokasi mana saja yang rawan banjir.

Kemudian, Pemprov melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan memantau dulu faktor terjadinya ban­jir dan kesiapan pompa saat dibutuhkan.

Baca juga : Aldila Dan Kato Melaju Mulus

“Hasil saya meninjau pompa di Kali Sentiong (Jakarta Utara). Saya minta di Kali Kresek (Cilincing, Jakarta Utara) harus ada pompa. Karena dari Sunter air masuk ke arah Kali Kresek sehingga bisa cepat dipompa tidak terlalu jauh,” jelas Heru.

Selain itu, Heru mengungkapkan, pihaknya juga tengah mencari lahan yang memung­kinkan untuk dibangun embung atau waduk kecil sebagai parkir air atau kolam retensi untuk mengatasi genangan dan pengendalian banjir.

Baca juga : Selesai Dibangun, Belum Sempat Beroperasi

“Curah hujan di Jakarta pada 14 Februari itu 180 milimeter (mm). Curah 150 mm aja sudah tinggi. Saluran makro kita bisa menam­pung 150 mm dengan cakupan atau jangkauan curah hujan 4-5 jam tanpa intervensi banjir kiri­man,” terang Heru.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 23 Maret 2024 dengan judul Sentil Usul Program Atasi Banjir Dan Macet 2025, Ketua DPRD: Banyak Kegiatan Copy Paste

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.