Dark/Light Mode

Jadi Biangkerok Banjir Di Jakbar

Tahun 2024, Revitalisasi Kali Semongol Dikebut

Kamis, 28 Maret 2024 06:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
“Saya sudah sampaikan ke Pak Pj Gubernur betapa kasihannya warga yang berada di bantaran kali. Upaya yang dibutuhkan adalah percepatan normalisasi Kali Semongol dan Waduk Ka­mal Muara,” ujarnya.

Seperti diketahui, prioritas pembangunan tahun 2025 di Jak­bar fokus pada sembilan program unggulan. Yakni penanganan ke­macetan, penanggulangan banjir, pengolahan limbah dan sampah, penanganan tempat kumuh, peningkatan kualitas udara, dan ak­selerasi pertumbuhan ekonomi.

Lalu, pencegahan stunting, penguatan ketahanan pangan dan peningkatan atas pelayanan publik. Seperti penguatan jaringan internet dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam literasi digital.

Baca juga : Rekor Manis Portugal Dirusak Slovenia

Wakil Ketua DPRD DKI Ja­karta Rany Mauliani mendukung revitalisasi Kali Semongol. Kali ini memiliki fungsi sangat vital.

Jika Kali Semongol tidak segera diperbaiki, lanjutnya, banjir dan air rob selalu menjadi langganan masyarakat Kelura­han Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Karena itu, dia mendukung perbaikan turap sodetan Kali Semongol dimasukkan dalam penyusunan RKPD Tahun 2025.

Baca juga : Anindya: Stakeholder Olahraga Kudu Sinergi

“Yang pertama, Kali Semongol ini memang butuh sodetan, butuh turap dan sebagainya. Itu jadi titik utama buat kita sup­port di rancangan anggaran periode tahun 2025,” ujar Rany usai menghadiri Musrenbang di Kantor Walikota Jakarta Barat.

Setelah Kali Semongol ditu­rap, Rany berharap masyarakat sekitarnya bisa merasakan tempat tinggal layak tanpa khawatir banjir.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi A Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Inggard Joshua. Inggard mengatakan, turap so­detan Kali Semongol harus menjadi skala prioritas dalam RKPD tahun 2025.

Baca juga : China Panas Dingin

“Masalah Kali Semongol ha­rus segera ada tindakan nyata. Karena banyak warga terdampak banjir,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 28 Maret 2024 dengan judul Jadi Biangkerok Banjir Di Jakbar, Tahun 2024, Revitalisasi Kali Semongol Dikebut

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.