Dark/Light Mode

Ganti Untung Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Cair

Warga Rawajati Girang Bisa Umrah Dan Beli Mobil Baru

Minggu, 19 Mei 2024 06:50 WIB
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengunjungi lokasi rencana pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024). (Foto: IG herubudihartono)
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengunjungi lokasi rencana pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024). (Foto: IG herubudihartono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, girang karena dapat uang ganti untung yang cukup besar dari pembebasan lahan proyek normalisasi Ciliwung. Mereka bisa beli rumah di tempat lain, beli mobil dan menunaikan ibadah umrah.

“Alhamdulillah, semua beres, senang banget. Saya bisa beli rumah di Condet dan ganti mobil,” kata Tris, Jumat (17/5/2024).

Dia mengaku menerima ganti rugi ratusan juta pada Januari 2024 secara kontan.

Diungkap Tris, nominal ganti rugi yang diterima warga berva­riasi. Tergantung luas lahan dan kondisi bangunan rumah.

Baca juga : Keyakinan Pelatih Arse­nal Mikel Arteta: The Hammers Bisa Jegal City

“Saya lahan 77 meter persegi dibayar Rp 650 juta,” ucapnya.

Tris bilang, tetangga yang luas lahannya 60 meter persegi dapat lebih besar dari dirinya. “Tergantung bangunannya, ka­lau bagunannya bagus dibayar lebih. Kalau rumah temboknya jelek, nggak dihitung,” jelas dia.

Hal senada dilontarkan Siti Aminah. “Kita nggak merasa dapat ganti rugi, tapi kita merasa dapat ganti untung,” kata Ami­nah di depan Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Aminah bersyukur terdampak pembebasan lahan proyek nor­malisasi Ciliwung. Sebab, uang ganti rugi yang diterima lebih dari cukup. Selain bisa pindah tempat tinggal dari wilayah yang kerap terendam banjir, dia juga bisa menggunakan uangnya untuk keperluan lain.

Baca juga : Prabowo Mau Oposisi Yang Nggak Asbun

“Saya bisa umrah, punya kon­trakan dan yang lebih nyaman lagi saya nggak pernah merasa kebanjiran. Alhamdulilah po­koknya. Saya benar-benar ber­terima kasih,” tutur wanita 58 tahun tersebut.

Pada Jumat (17/5/2024), Pen­jabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sum­ber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, beserta tim dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC), me­ninjau kawasan lahan yang sudah dibebaskan di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan.

Tinjauan ini untuk memas­tikan kelancaran proses nor­malisasi Kali Ciliwung sebagai upaya meminimalisasi potensi banjir saat musim hujan.

Heru mengatakan, proses pe­nyempurnaan administrasi bagi kelancaran pembebasan lahan sedang berlangsung sesuai ren­cana yang sudah dipersiapkan.

Baca juga : Pekan Depan Presiden Tengok Korban Galodo

Heru juga sempat berdiskusi dengan warga setempat terkait hak yang mereka peroleh demi kelancaran tertib administrasi pembebasan lahan tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.