Dark/Light Mode

Ganti Untung Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Cair

Warga Rawajati Girang Bisa Umrah Dan Beli Mobil Baru

Minggu, 19 Mei 2024 06:50 WIB
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengunjungi lokasi rencana pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024). (Foto: IG herubudihartono)
Penjabat (Pj) Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengunjungi lokasi rencana pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024). (Foto: IG herubudihartono)

 Sebelumnya 
“Kita sudah mendengar dari warga. Semua warga sudah dibayar hak-hak kepemilikan tanahnya,” ucap Heru.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat. Khususnya kepada warga yang dengan legowo menerima pem­bebasan lahan.

Heru juga mengapresiasi seluruh jajaran Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta bersama tim BBWSCC yang ikut bersinergi menuntaskan proses adminis­trasi tersebut demi kelancaran pembebasan lahan.

Baca juga : Keyakinan Pelatih Arse­nal Mikel Arteta: The Hammers Bisa Jegal City

Heru bilang, dalam bulan ini akan dilakukan pembangun­an fisik sepanjang 265 meter sebagai upaya penanggulangan banjir di berbagai titik yang telah dipersiapkan.

Plt Kepala Dinas SDA DKI Ja­karta Ika Agustin menambahkan, pembebasan lahan dilakukan se­cara terstruktur dengan langsung melakukan pengamanan aset. Kemudian, kegiatan pembangun­an fisiknya akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada pekan depan.

“Kondisi status (lahannya) su­dah bersih, dari total kurang lebih 63 bidang dan dilaksanakan tahun 2023 sampai dengan 2024. Ini yang ada dipercepat. Jadi, ada dua batas saluran dan nanti ada patok-patok di pinggirnya,” ungkap Ika.

Baca juga : Prabowo Mau Oposisi Yang Nggak Asbun

Dengan sudah dibebaskan­nya lahan tersebut, kata Ika, tim BBWSCC bisa masuk sepan­jang 265 meter untuk segmen Cililitan, dengan pekerjaan fisik kurang lebih 500 meter.

“Ini bisa terealisasikan tahun ini dan kami akan melakukan proses pembebasan lahan di seberangnya. Intinya, proses pembebasan lahan hari ini su­dah selesai dilaksanakan untuk RW 07 di Kelurahan Rawajati,” tambahnya.

Diketahui, sebanyak 52 KK di RW 06 dan 27 KK di RW 07, Ke­lurahan Cililitan, Jakarta Timur, telah mendukung normalisasi Ciliwung. Terdiri dari 88 total bidang tanah. Yang sudah dibe­baskan lahannya sebanyak 84 bidang, sisanya masih menunggu proses pembayaran. Luas seluruh lahan dari 88 bidang tanah terse­but 32.814 meter persegi, dengan panjang lahan 1.595 meter.

Baca juga : Pekan Depan Presiden Tengok Korban Galodo

Selain itu, terdapat 63 KK di RW 07, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, yang menyetujui normalisasi tersebut. Terdapat 157 bidang tanah gabungan dari RW 07, RW 01, dan RW 03. Ada 92 lahan sudah dibebaskan, sisanya masih proses. Total luas lahan tersebut adalah 15.131 meter persegi, dengan panjang lahan 975 meter.

Kedua wilayah itu terbagi menjadi dua ruas lahan yang dibebaskan, yaitu segmen Jem­batan Kampung Melayu (Jalan Abdullah Syafei-Pintu Air Mang­garai) dan segmen Jembatan Tol Simatupang hingga Jembatan Kampung Melayu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 19 Mei 2024 dengan judul Ganti Untung Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Cair, Warga Rawajati Girang Bisa Umrah Dan Beli Mobil Baru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.