Dark/Light Mode

Pemprov DKI Imbau Seluruh Warga Waspadai Virus Korona

Kamis, 23 Januari 2020 13:09 WIB
Pemprov DKI Imbau Seluruh Warga Waspadai Virus Korona

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau seluruh warga Jakarta, untuk mewaspadai wabah coronavirus atau virus Korona (pneumonia berat) yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Seperti diberitakan Reuters pada 23 Januari 2020, wabah penyakit yang mendunia ini telah menginfeksi hampir 600 orang dan mengakibatkan 17 orang meninggal dunia.

Baca juga : Kemendagri Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Ormas Abal-abal

Sesuai perkembangan kasus, penyakit ini dapat menular antar manusia secara terbatas. Belum ada vaksin yang dapat mencegah penyakit tersebut.

Terkait hal itu, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kewaspadaan dini telah dilaksanakan oleh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Pemprov DKI Targetin Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Kelar April

Kendati sampai tanggal 22 Januari 2020 belum ditemukan penderita pneumonia akibat virus baru Novel Coronavirus (nCoV) di ibu kota.

Bentuk kerja sama tersebut, antara lain meliputi:

  1. Mengaktifkan thermal scanner di pintu masuk negara
  2. Membuat surat edaran kewaspadaan terhadap pneumonia Novel Coronavirus kepada Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik untuk meningkatkan kewaspadaan, menyiapkan alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar. Serta meningkatkan kompetensi petugas kesehatan dan mengatur alur rujukan pasien terduga pneumonia akibat Novel Coronavirus.
  3. Memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Novel Coronavirus melalui media elektronik dan media sosial.

Baca juga : Terawan Minta Masyarakat Waspadai Virus Pneumonia

Pemprov DKI menyarankan masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit, untuk melakukan hal-hal sebagai berikut: 

  1. Berikan informasi kepada dokter dan tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan
  2. Terapkan etika batuk (menutup mulut/hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu)
  3. Gunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas (demam, batuk dan flu) dan segera berobat
  4. Sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat binatang.
  5. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.
  6. Jika sedang sakit, kurangi aktivitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.