Dark/Light Mode

Hari Ini, PMI Semprot Disinfektan 14 Jam Nonstop di Jabodetabek

Minggu, 12 April 2020 10:58 WIB
Hari Ini, PMI Semprot Disinfektan 14 Jam Nonstop di Jabodetabek

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Palang Merah Indonesia (PMI ) melakukan penyemprotan disinfektan selama 14 jam nonstop di wilayah Jabodetabek, untuk memutus penyebaran virus corona alias Covid-19.

"PMI akan melipatgandakan penyemprotan disinfektan di Jabodetabek hari ini," ungkap Komite Operasi Penanganan Covid-19 PMI Husain Abdullah dalam siaran pers yang diterima RMco.id, Minggu (12/4).

Husain mengungkapkan, untuk penyemprotan 14 jam nonstop ini, PMI mengerahkan 10 sepuluh unit mobil gunner atau penyemprot.

Baca juga : Besok, PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan Besar-Besaran di Jakarta

Mobil gunner adalah mobil tangki berkapasitas 5.000 liter yang didesain khusus, agar dapat menyemprotkan cairan disinfektan secara masif.

Selain mobil gunner, PMI juga mengerahkan armada lain berupa bentor, max (mobil), dan hand spray alias penyemprot tangan.

Penyemprotan dengan mobil gunner akan dilakukan di bangunan-bangunan yang berada di Jalan utama ibukota seperti Jl Sudirman, Blok M, Jl Slipi, dan Jl Gatot Subroto.

Baca juga : ESDM Selidiki Sumber Dentuman Di Jabodetabek

Sasaran lainnya adalah pasar, rumah sakit, halte bus Transjakarta, stasiun KRL, serta bagian bangunan yang sering disentuh publik seperti pagar dan pintu pagar.

"Penyemprotan diarahkan langsung ke obyek yang sering bersentuhan langsung dengan manusia, bukan jalanannya. Operasi ini seperti di Kota Wuhan, yang sudah sukses dengan berbagai upaya pencegahan dan mitigasinya," papar Husain.

Penyemprotan tersebut akan dilakukan secara berkesinambungan dengan melibatkan prajurit TNI, serta relawan PMI yang akan bekerja secara bergantian dalam dua shift.

Baca juga : Hari Ini, Pemerintah Putuskan PSBB untuk Depok, Bogor, dan Bekasi

“Kita akan mulai operasi penyemprotan ini mulai dari jam 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Mereka akan bekerja 14 jam secara bergantian dua shift," tandas Husain. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.