Dark/Light Mode

Tangkal Covid-19, Gugus Tugas Mandiri Warga Cakung Timur Layak Jadi Role Model

Sabtu, 18 April 2020 07:00 WIB
Warga Perumahan Jakarta Garden City, Jakarta Timur proaktif membentuk Gugus Tugas Mandiri. (Foto : Istimewa)
Warga Perumahan Jakarta Garden City, Jakarta Timur proaktif membentuk Gugus Tugas Mandiri. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jakarta proaktif membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19. Seperti yang dilakukan rukun warga perumahan Jakarta Garden City (JGC), di Cakung Timur yang membentuk Gugus Tugas Mandiri.

Gugus Tugas Covid-19, RW 14 JGC Cakung Timur ini diketuai oleh Lukito Gunawan dan dibantu Asep Edi Setiawan, anggota Polri aktif.

Penasehat Gugus Covid-19 - RW 14 JGC Cakung Timur, Muchlas Rowie mengungkapkan, inisiatif awal dibentuknya Gugus Tugas ini datang dari beberapa tokoh masyarakat dan diskusi dengan LMK , RW dan RT.

 "Keterlibatan menginisiasi Gugus Tugas ini sesuai dengan arahan Menteri BUMN, Erick Tohir yang menganjurkan setiap direksi dan komisaris berperan serta membantu masyarakat dalam menangani Covid-19," kata Muchlas yang juga menjabat Komisaris Independen PT Jamkrindo ini. ​​​​​​

Baca juga : Ini Tiga Langkah Strategis di Perbatasan Negara

Ia menambahkan, sejauh ini Gugus Tugas  telah berperan menangani, mendampingi, hingga memfasilitasi salah seorang warganya yang menderita gejala Covid-19 hingga akhirnya dinyatakan sembuh total. 

"Ada dua kasus, satu sudah sembuh dan itu perjuangannnya luar biasa. Bagaimana mengawal hingga memberikan makan dan minumnya. Termasuk terakhir, ketika awal ia ada gejala kemudian akhirnya meminta APD, saya kasih, lalu ditemani ke rumah sakit untuk dapat rapit test setelah itu dibantu semua logistiknya," ujarnya Muchlas yang selalu koordinasi secara virtual.

"Hebatnya lagi ada yang kena juga, karena jemputan gak ada akhirnya diantar pake mobil sendiri, tapi dilakukan pshyical distancing, termasuk banyak sosialisasi dilakukan," imbuhnya kemudian.

Muchlas juga menjelaskan, dalam melaksanakan tugasnya, Relawan Gugas dilengkapi protokol kesehatan dan senantiasa dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). Gugas Tugas Covid-19 JGC juga memiliki jalur komunikasi dengan sistem satu pintu, yakni melalui seorang Humas yang ditugaskan memberikan informasi.

Baca juga : Perangi Covid-19, PMI Gandeng Lembaga Biologi Molekuler Eijkman

Tak hanya itu, Gugas ini juga memiliki sejumlah relawan yang menjalankan tugas-tugas operasional. "Yang terakhir soal Gugas covid ini kita satu pintu, ada humasnya. Humasnya yang mem-publish. Termasuk melakukan tracking setelah ada info yang menunjukkan gejala Covid-19. Ini yang dilakukan gugus tugas JGC. Ini bisa jadi model bagaimana masyarakat sampai tingkat RT bisa berperan," pungkasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Gugus Tugas Covid-19 - RW 14 JGC Cakung Timur Lukito Gunawan mengatakan, secara preventif pihaknya telah menjalankan semua imbauan dan anjuran yang disampaikan pemerintah. Seperti kewajiban menggunakan masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

"Kami sosialisasikan hal itu bahkan kami membagikan masker dan vitamin kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya. Ia kemudian berharap kepada masyarakat supaya dapat saling bekerja sama dan mendukung setiap kegiatan yang bergerak pada pencegahan Covid-19. "Yok kita tinggalkan ego pribadi kita, yang penting kita berbuat yang terbaik," tuturnya.

Sementara itu, Humas Gugus Tugas Covid-19 - RW 14 JGC Cakung Timur, Handy mengatakan, dibentuknya Gugus Tugas ini bertujuan agar pencegahan Covid-19 bagi warga dan penanggulangan bagi ODP atau PDP di lingkungan JGC lebih terfokus. Artinya, satu arah komando dan ada bentuk formal kelembagaan yang sah diakui RT, RW, serta Lurah. 

Baca juga : Jubir Covid-19 Minta Warga Tak Menolak Jenazah Corona

"Kemudian menangkal hoax-hoax sehubungan dengan Covid-19 agar pandangan warga satu arah tanpa menimbulkan ketakutan berlebihan," ujar Handy. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.