Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anies: PSBB di DKI Bisa Diperpanjang Lagi Kalau Banyak Warga Masih Bandel

Senin, 25 Mei 2020 23:25 WIB
Ilustrasi masyarakat bosan di rumah saja (Kartun: Mice)
Ilustrasi masyarakat bosan di rumah saja (Kartun: Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III, yang akan berakhir pada 4 Juni nanti. Namun, harapan PSBB di DKI bisa segera diakhiri pada tanggal itu akan pupus jika masih banyak masyarakat yang bandel.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, sejak PSBB resmi diterapkan maupun pertengahan Maret 2020 ketika Jakarta mulai menutup kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang, telah terjadi kemajuan signifikan. Kata Anies, kondisi ini merupakan hasil dari kerja sama semua masyarakat di wilayah Jakarta dan Jabodetabek. Penularan virus Corona melalui pertemuan dapat dikurangi bahkan bisa ditiadakan dengan pembatasan yang dilakukan.

Baca juga : Harkitnas, BIN dan Bawaslu Kota Semarang Bagikan Masker

"Pembatasan ini dilakukan di Jabodetabek dan dikerjakan semua orang. Menurut catatan, hampir 60 persen masyarakat Jakarta tidak bepergian dan tetap berada di dalam rumah, kendaraan pribadi tinggal 45 persen, penumpang MRT tinggal 5 persen, bahkan penumpang bus tinggal 12 persen," kata Anies, dalam konferensi pers virtual BNPB, Senin (25/5).

Anies menerangkan, saat ini, warga Jabodetabek sedang memasuki fase yang amat menentukan, terutama sejak PSBB beberapa hari lalu diperpanjang hingga 4 Juni 2020. Menurut Anies, perpanjangan ini adalah masa menentukan. Apabila di hari-hari ini penularan dan reproduction number bisa menurun, maka sesudah tanggal 4 Juni 2020, DKI Jakarta bisa melakukan transisi ke kondisi normal yang baru. 

Baca juga : Jokowi: PSBB Belum Dilonggarkan, Mudik Masih Dilarang

"Tapi, bila hari-hari ke depan angkanya meningkat karena kita mulai bebas bepergian, tidak disiplin menggunakan masker, maka ada potensi kita harus perpanjang PSBB. Seakan mengulang proses yang kita kerjakan kemarin," ujar Anies. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.