Dark/Light Mode

Jangan Dicegat Pas Masuk Jakarta

Pemudik Lebih Efektif Dirazia Di Daerah Asal

Jumat, 29 Mei 2020 08:32 WIB
Suasana lalu lintas padat di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, kemarin. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Ibu Kota jika warga tidak menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)
Suasana lalu lintas padat di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, kemarin. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Ibu Kota jika warga tidak menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)

 Sebelumnya 
Di Jakarta Selatan, check point berada di 14 titik di jalur yang menjadi pintu masuk warga dari luar Jakarta. Petugas gabungan memeriksa satu persatu SIKM pengendara. Warga yang tak bawa SIKM, dipaksa putar balik. Ke 14 pos di Jaksel yakni diJa￾lan Kukusan Raya, Jalan Pemuda 1, Jalan Tanah Baru, Jalan Brigif, Jalan Manggis, Jalan Andar, Jalan Merawan, Jalan Pangkalan Jati 1, Jalan Pangkalan Jati 2, Jalan Pahlawan, Jalan Bintaro Utama 3, Jalan Pesanggrahan Indah, Jalan H Muchtar Raya (simpang Jalan H Muchtar Raya-Simpang Sawo) dan Jalan H Muchtar Raya atau simpang Jalan Muchtar Raya, Jalan Kedaung 2.

Sedangkan di perbatasan dengan Depok, salah satunya berada di Jalan Layang Universitas Indonesia (UI). Karantina Biaya Sendiri Penumpang dari daerah yang baru saja turun dari bus langsung menuju pos pemeriksaan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Memang, tak banyak bus yang datang dari daerah di terminal ini. Ada beberapa penumpang yang lolos karena persyaratannya lengkap. Namun, ada dua penumpang bus asal Surabaya, Jawa Timur, tak bawa SIKM.

Baca juga : Lawan Covid-19, Fakultas Farmasi UTA `45 Jakarta Gelar Webinar Internasional

Keduanya wajib menjalani karantina. Pada Selasa lalu, hanya ada satu bus dari Jawa Timur yang masuk ke terminal dengan pe￾numpang hanya lima orang.

“Dua orang memiliki SIKM, satu orang dikecualikan, lalu dua orang lainnya tidak punya SIKM. Dua orang yang tak bawa SIKM dikarantina selama 14 hari di Balai Rakyat Kecamatan Pulogadung, Jalan Pemuda, Jakarta Timur,” kata Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Afif Muhroji.

Sedangkan di Stasiun Gambir, Rabu lalu, ada lima penumpang kereta api luar biasa yang berasal dari Surabaya didapati tak memiliki SIKM. Kelimanya dikarantina di Gedung KONI, Jalan Tanah Abang 1, Jakarta Pusat.

Baca juga : Ringankan Wajib Pajak, Pemprov DKI Keluarkan 3 Kebijakan Insentif Pajak Daerah

Check point lainnya di ruas Tol Tangerang-Jakarta didapati sebanyak 337 kendaraan menuju Jakarta dipaksa memutar balik di pos pemeriksaan kilometer 30 Gerbang Tol Cikupa, Tol Tangerang-Merak, Rabu (27/5).

Ratusan pengendara itu tak bawa SIKM. Selain di titik ini, posko pengecekan juga berlangsung di gerbang tol setelah transaksi keluar Gerbang Tol Serang Timur, Serang Barat, Cilegon Timur, Cilegon Barat, dan Merak.

Data terakhir pada Rabu (28/5), Dinas Perhubungan DKI Jakarta memaksa 2.900 kendaraan untuk putar balik ke daerah asal karena tidak memiliki SIKM.

Baca juga : 8 Titik Masuk Jatim Disekat, Pemudik Disuruh Putar Balik

“Kendaraan yang putar balik totalnya sekitar 2.900. Rata-rata pribadi, ada angkutan umum, termasuk kendaraan pariwisata. Mereka tak punya SIKM,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.