Dark/Light Mode

Banyak Anak Bermain Di Taman Tanpa Masker

Protokol Kesehatan Dicuekin, Gimana Corona Nggak Nambah

Minggu, 28 Juni 2020 08:04 WIB
Ilustrasi anak bermain di ruang terbuka hijau. Foto diambil sebelum masa pandemi. (Foto: Pemprov DKI)
Ilustrasi anak bermain di ruang terbuka hijau. Foto diambil sebelum masa pandemi. (Foto: Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak anak-anak di bawah umur sembilan tahun bermain di taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. Parahnya lagi, mereka tidak pakai masker dan tanpa jaga jarak.

Ini tentu mengherankan, kenapa sampai lolos masuk ke area taman. Padahal, dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi melarang anak-anak di bawah usia sembilan tahun bermain ke taman dan RTH. 

“Aturan protokol kesehatan itu sudah bagus. Tapi warga mencuekinya. Orangtua masih membiarkan anaknya bermain ke taman. Petugas juga cuek, membiarkannya saja. Makanya, wajarlah virus corona merajalela,’’ kata Rahmat, seorang warga Jakarta Utara. 

Baca juga : Ridwan Kamil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Di Pesantren

Dia menilai, sukses tidaknya penerapan protokol kesehatan tergantung warga dan petugas. Kalau warga abai, petugas seharusnya menerapkan aturan.

‘’Kalau anak-anak ke taman, ya dilarang. Kalau bandel, beri sanksi dan denda sesuai aturan. Terapkan saja secara konsisten. Pasti kapok,’’sarannya. 

Berdasarkan pengamatan Rakyat Merdeka di RTH Kalijodo, Jakarta Utara, setiap akhir pekan, pengunjung ramai. Khususnya anak-anak. Mereka bermain skateboard. Beberapa anak melepas masker mereka. Petugas keamanan di bagian depan jarang memantau hingga ke area ini. 

Baca juga : AP I Pastikan Wisatawan Aman Bepergian Dengan Pesawat

Sejumlah anak tanpa masker juga nampak bermain di Taman Pedongkelan, Jalan Pedongkelan Raya, Jakarta Barat. 

Saat sore, sejumlah pedagang makanan mangkal di pintu taman. Ini menimbulkan kerumunan. Sementara di Taman Tomang Rawa Kepa, Jakarta Barat, sejumlah anak-anak juga nampak bermain di taman berkonsep alam dan outbond. Banyak yang berusia di bawah 9 tahun.

Tak pakai masker pula saat main ayunan dari kayu dan melintasi rumah pohon. Tak nampak petugas yang memperingatkan mereka. 

Baca juga : Mahfud MD: Terapkan Protokol Kesehatan Bagian dari Takwa

Memang ada taman yang pengawasannya ketat. Seperti di Taman Walkot Farm 4.0 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. 

Di sini, taman dilarang dikunjungi anak kecil berumur kurang dari sembilan tahun, pengunjung wajib memakai masker, maksimal pengunjung 30 orang, dan sejumlah tetap protokol jaga jarak. 

Taman ini dibuka pukul 09.00 hingga 16.00 WIB di hari kerja. Kalau Minggu, taman dibuka 07.00 sampai 17.00 WIB. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.