Dark/Light Mode

Wisatawan Datang, Antisipasi Corona Tetap Dilakukan

Masyarakat Kepulauan Seribu Senang Ekonomi Bangkit Lagi

Selasa, 30 Juni 2020 08:29 WIB
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dibuka 13 Juni lalu, Kepulauan Seribu banyak dikunjungi wisatawan. Totalnya sampai Minggu (28/6) ada 2.123 orang. Menggeliatnya turis ini dinilai baik, namun antisipasi adanya penularan virus corona atau Covid-19 mesti tetap dilakukan.

Karena itu, perlunya pemeriksaan rapid test atau swab test dengan metode polymerase chain reaction (PCR). “Ini memang menggembi rakan. Ekonomi di Kepulauan Seribu bangkit lagi. Nelayan bisa beralih menjadi pemandu wisata. Tapi perlu dicek secara rutin perkembangan corona di sana. Jangan sampai yang positif juga menggeliat,” saran Pius, warga Jakarta Utara, kemarin.

Baca juga : Trump: Yang Penting Ekonomi Rebound Lagi

Warga di Kepulauan Seribu merasa senang karena menggeliat nya kembali pariwisata. Misalnya, Surya, yang selama ada larangan pariwisata, hanya mengandalkan pekerjaan nelayan yang pemasu kannya tidak menentu. ”Dapat Rp 200.000 per hari saja sudah luar biasa. Itu pun kadang tidak cukup untuk bi aya makan sekeluarga,” ucapnya.

Tapi sekarang Surya bisa mendapatkan Rp 2 juta seminggu khusus dari sektor pariwisata. Warga daratan Jakarta juga merasa senang dengan dibukanya pariwisata di Kepulauan Seribu. Sebab, sudah bisa berwisata ke sana untuk menghilangkan kepenatan. “Mau ke Pulau Untung Jawa, udah lama nggak ajak keluarga liburan. Kita senang banget nih,” kata Andi, warga Kalideres, Jakarta Barat.

Baca juga : Menperin Targetkan PMI Industri Naik Lagi

Andi yang membawa kedua anaknya saat liburan pekan lalu itu mengaku, sesampainya di dermaga Pulau Untung Jawa, protokol kesehatan dilakukan secara ketat, seperti jaga jarak dan pakai masker. Banyak petugas gabungan yang berjaga.

Berdasarkan pantuan Rakyat Merdeka, Pulau Untung Jawa telah mempersiapkan sejumlah sarana yang diperlukan untuk memasti kan wilayahnya menjadi tempat wisata ramah protokol kesehatan. Mulai dari pintu dermaga utama, di sepanjang jalan protokol dan jalanjalan kecil disediakan kran cuci tangan dengan sabun bertebaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.