Dark/Light Mode

Wisatawan Datang, Antisipasi Corona Tetap Dilakukan

Masyarakat Kepulauan Seribu Senang Ekonomi Bangkit Lagi

Selasa, 30 Juni 2020 08:29 WIB
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebelum masuk, petugas gabungan mengecek suhu wisatawan. Jaga jarak antrean juga sudah mulai sejak wisatawan turun dari kapal. Terdapat tanda silang di depan pintu loket. Semua petugas yang berjaga memakai masker dan kerap memperingatkan pengun jung untuk memakainya.

Petugas Damkar juga rutin menyemprot cairan disinfektan di dermaga utama Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan ini. Lurah Untung Jawa, Supriya di, berharap pandemi Covid-19 cepat kelar. Sehingga roda per ekonomian di Kepulauan Seribu bisa kembali berputar.

Baca juga : Trump: Yang Penting Ekonomi Rebound Lagi

“Meski banyak (wisatawan), masih tetap ada pembatasan se suai aturan. Protokol kesehatan juga diterapkan. Kami berharap pandemi berlalu, supaya normal lagi, pulau ramai lagi, masyara kat selain nelayan, juga hidup dari wisata ini,” tandasnya.

Sementara, suasana dari dermaga Tanjung Pasir, Tangerang, kondisinya agak kurang tertib. Sebab, kapal yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa adalah kapal ne layan tradisional yang tak terlalu besar. Protokol jaga jarak kurang berlaku di sini. Ada juga pengun jung yang tak memakai masker di Pantai Tanjung Pasir ini. Kondisi penyeberangan antar pulau di Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, cukup tertib.

Baca juga : Menperin Targetkan PMI Industri Naik Lagi

Dermaga ramai saat akhir pe kan, yakni hari Sabtu dan Minggu. Wisatawan mulai mengantre di loket pembelian sejak pagi buta. Misalnya di antrean loket Kapal Tradisional, PT Samudera Sumber Artha. Antreannya disekat dengan pembatas jalan plastik berwarna oranye. Tak nampak ada kerumunan. Setelah sampai di anjungan menuju kapal, petugas berpakaian Dishub DKI Jakarta mengecek tiket penumpang sebelum naik ke kapal penyeberangan.

Di sini, jaga jarak pun diterapkan. Petugas berseragam TNI dan polisi memeriksa suhu para pelancong. Petugas yang melihat pengunjung tak memakai masker langsung memberikan masker cumacuma. Di dalam kapal, ada tanda si lang untuk memisahkan penumpang. Kapasitas kapal juga hanya separuh. Petugas di dalam kapal juga terus mengingatkan untuk pakai masker dan jaga jarak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.