Dark/Light Mode

Wisatawan Datang, Antisipasi Corona Tetap Dilakukan

Masyarakat Kepulauan Seribu Senang Ekonomi Bangkit Lagi

Selasa, 30 Juni 2020 08:29 WIB
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wisata Favorit

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti mengungkapkan, selama dua pekan terakhir ini sebanyak 2.123 wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu. “Dari tanggal 13 Juni ada sekitar 1.263. Ditambah kemarin Minggu, 860 yang datang. Sudah lumayan banyak,” ungkap Puji.

Disebutkannya, protokol ke sehatan telah diterapkan dengan ketat. Otoritas pariwisata Kepu lauan Seribu menyiapkan sarana dari mulai dermaga hingga di pulaupulau objek wisata. Puji meyebutkan, dari berbagai pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa adalah tujjuan favorit wisatawan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Baca juga : Trump: Yang Penting Ekonomi Rebound Lagi

Pulau Untung Jawa jadi favorit karena jarak yang relatif dekat dan harga tiket kapal yang murah. “Banyak wisatawan yang da tang dari Tanjung Pasir dengan jarak dekat dengan harga tiket kapal murah jadi pilihan,” tandasnya.

Menurutnya, mayoritas turis yang datang ke Pulau Untung Jawa adalah warga Jakarta yang ingin menikmati menikmati liburan. “Warga Jakarta yang berangkat ke Kepulauan Seribu me lalui Pelabuhan Kali Adem, Pelabuhan Tanjung Pasir dan Pelabuhan Rawa Saban karena jalur dari Marina Ancol belum dibuka,” paparnya.

Puji berharap, masyarakat mem batasi perjalanan wisatanya de ngan tidak bepergian ke luar negeri di masa pandemi Covid-19 ini. Lebih baik memilih wisata dalam negeri yang ramah pro tokol kesehatan.

Baca juga : Menperin Targetkan PMI Industri Naik Lagi

Protokol Kesehatan

Pembukaan tempat wisata ini sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penu laran Covid19 di Sektor Usaha Pariwisata Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Mulai 13 Juni 2020 hingga 2 Juli 2020 pemilik usaha, pekerja dan pengunjung, maksimal berjumlah 50 persen di pantai atau wisata Kepulauan Seribu.

Baca juga : Meski Dihalangi Masker, Virus Corona Tetap Bisa Terbang Hingga 1,2 Meter

Selain itu, wisatawan diwajibkan menggunakan masker dengan benar, menutupi mulut dan hidung. Mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Selalu terapkan etika batuk dan bersin yang sesuai dengan protokol kesehatan. Menjaga jarak aman antar sesama wisatasan. Pokoknya semua protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.