Dark/Light Mode

Agar Antrean KRL Makin Ambyar, Perum PPD Ikut Siapkan Bus Gratis

Minggu, 19 Juli 2020 15:53 WIB
Salah satu armada yang dimiliki Perum PPD. Foto: perumppd.co.id
Salah satu armada yang dimiliki Perum PPD. Foto: perumppd.co.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengguna kereta rel listrik (KRL) kini tak perlu khawatir menghadapi padatnya antrean di stasiun. Soalnya, mulai besok Perusahaan Umum Pengangkut Penumpang Djakarta (Perum PPD) ikut menyediakan bus gratis dari Stasiun Bogor dan Cikarang. 

Hal ini dilakukan Perum PPD untuk membantu menguraikan antrean yang terjadi di Stasiun Bogor sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan. 

Perum PPD menyiapkan 50 bus gratis buat di Bogor dengan tujuan lima stasiun yang ada di Jakarta. Bukan hanya di Bogor, 15 bus bantuan juga disiapkan di Stasiun Cikarang untuk mengurai kepadatan penumpang KRL.

Baca juga : Banjir Landa Masamba, Pertamina Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan, 50 bus tersebut akan beroperasi dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Tebet, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Juanda. 

Tidak hanya keberangkatan dari Stasiun Bogor, Perum PPD menyiapkan bus gratis dari Stasiun Cikarang. Jumlahnya 15 bus menuju Stasiun Sudirman dan Stasiun Manggarai.

"Bus bantuan ini diklaim efektif mengurai kepadatan penumpang di KRL, karena terpantau situasi bisa terkendali sejak jam 06.00 WIB. Antrean penumpang dapat dikendalikan hanya dengan mengantre selama 10-20 menit saja yang semula penumpang harus menunggu hingga dua jam untuk bisa menaiki KRL," katanya dalam keterangannya, Minggu (19/7).

Baca juga : KPPU: Silakan Saja...

Perum PPD ditunjuk langsung Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam penyediaan fasilitas tersebut.

Petugas gabungan yang berasal dari Dishub Kota Bogor dan BPTJ telah mengatur sistem keberangkatan penumpang dengan menyiapkan jalur antrean bus dengan lima tujuan keberangkatan. 

Petugas tidak lupa memeriksa suhu tubuh penumpang dan memberikan hand sanitizer sebelum menaiki bus. Sementara, kapasitas bus hanya dapat dinaiki 70 persen penumpang saja.

Baca juga : Masih Ada Pedagang Pakai Kantong Plastik

Dalam program bus gratis ini, Perum PPD telah mengoperasikan ratusan bus setiap hari senin dan jumat sejak bulai Mei dengan jumlah berbeda setiap minggunya mengikuti tren lonjakan penumpang di setiap KRL. 

"Dalam menjaga amanah tersebut kami tidak main-main, mulai dari sterilisasi armada, kesiapan dan kesehatan pramudi hingga kordinasi dan pengawasan dilapangan,” jelasnya.

Perum PPD berharap seluruh penumpang yang menaiki bus bantuan ini dapat dipermudah dalam pemilihan anternatif moda transportasi. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu menjaga kesehatan. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.