Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Siswa Yang Tak Punya Kuota Internet

Pemprov DKI Diminta Siapkan Wifi Gratis Di Tiap RT

Sabtu, 1 Agustus 2020 08:06 WIB
Tampak seorang siswa sedang belajar di rumah (Pembelajaran Jarak Jauh) di musim pandemi covid ini. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)
Tampak seorang siswa sedang belajar di rumah (Pembelajaran Jarak Jauh) di musim pandemi covid ini. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak siswa di Jakarta kesulitan belajar daring atau online karena kerap tak mempunyai kuota internet. Orangtua mereka tak mampu menyiapkan kuota akibat pandemi corona atau Covid-19 terus berlanjut.

Sudah saatnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng penyedia jasa atau provider internet untuk mensubsidi atau menyediakan wifi gratis bagi anak sekolah.

Baca juga : Antisipasi Penumpang Membludak, Pemprov DKI Siapkan Bus Cadangan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengatakan, kendati Jakarta merupakan kota metropolis, banyak siswa dengan ekonomi rendah sulit mendapat pendidikan layak karena tidak memiliki kuota internet.

Dia mengusulkan, setiap RT di Jakarta menyediakan internet gratis, khusus siswa tidak mampu. Usulan ini diharapkan mengurangi pengeluaran orangtua murid dari pembelian kuota internet. “Jika setiap RT sudah memiliki akses internet, tentunya beban orangtua menjadi tidak begitu besar,” kata Zita.

Baca juga : Antisipasi Dampak Kemarau Di Sumatera, Kementan Siapkan Sejumlah Strategi

Lagipula, lanjut politisi PAN itu, keberadaan internet gratis di setiap RT bisa meminimalisir para siswa menghabiskan waktu di warung internet (warnet). Sebab, berlama-lama di warnet akan mengurangi kesempatan murid untuk berinteraksi dengan keluarga di rumah.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim mengatakan, Pemprov DKI harus memikirkan akses internet gratis untuk siswa yang tidak mampu membeli kuota internet. Akses itu berupa wifi gratis, bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat atau Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). “Bisa kerja sama dengan RT atau RW untuk memantau penggunaan wifi ini,” usul Lukmanul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.