Dark/Light Mode

Pekan Ini, Totalnya Sudah 4 Kali Standar WHO

Proporsi Tes PCR DKI Hari Ini Tembus 34 Persen

Sabtu, 1 Agustus 2020 18:04 WIB
Pemeriksaan swab test terhadap warga binaan Polsek Palmerah, sebagai upaya active case finding (pelacakan kasus positif secara aktif) yang dilakukan Pemprov DKI, 30 Juli 2020. (Foto: Dinkes DKI)
Pemeriksaan swab test terhadap warga binaan Polsek Palmerah, sebagai upaya active case finding (pelacakan kasus positif secara aktif) yang dilakukan Pemprov DKI, 30 Juli 2020. (Foto: Dinkes DKI)

 Sebelumnya 
Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan biaya tes kepada Laboratorium BUMN dan swasta yang ikut berjejaring bersama dalam pemeriksaan sampel program.

Hari ini, Jakarta melaporkan penambahan kasus positif pada sebanyak 374. Total kasus aktif di Jakarta saat ini, berjumlah 6.836 (orang yang masih dirawat/isolasi). Sedangkan, total kasus konfirmasi di Jakarta pada hari ini berjumlah 21.575 kasus.

 Dari jumlah tersebut, 13.887 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 852 orang meninggal dunia.

Baca juga : Pajak Parkir Naik 30 Persen, Tinggal Ketok Palu Aja

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif, dalam sepekan terakhir, Jakarta mencapai angka 7,2 persen. Sedangkan angka nasional positivity rate, besarnya 14,6 persen.

WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tak lebih dari 5 persen. Namun, persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi.

Bila jumlah tesnya sedikit (tidak memenuhi standar WHO), maka indikator persentase kasus positif patut diragukan.

Baca juga : PSI Sesumbar Bisa Tembus 7 Persen

Selama vaksin belum tersedia, maka penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan.

"Upayakan tidak keluar rumah, bila tidak ada keperluan mendesak. Selalu jalankan 3M: memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1,5 - 2 meter, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin," pesan Fify.

Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50 persen, dengan protokol kesehatan dengan ketat. Jangan lupa, ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Update Covid-19: Jumlah Laboratorium Lampaui Target, Tes PCR Tembus 73 Persen

Pemprov DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama, yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi Covid-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB.

Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. Informasi lengkap seputar KSBB dapat melalui situs https://corona.jakarta.go.id/kolaborasi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.