Dark/Light Mode

Pintu Akses Tunggal di Stasiun Tanah Abang Kini Berlaku Setiap Hari

Minggu, 16 Agustus 2020 15:56 WIB
Ilustrasi Stasiun Tanah Abang (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Stasiun Tanah Abang (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memutuskan untuk melanjutkan penerapan pintu akses tunggal di Stasiun Tanah Abang. Termasuk, di hari libur. 

Sekadar latar, pembatasan pintu akses di Stasiun Tanah Abang dilakukan untuk membuat pengaturan jaga jarak pengguna jasa KRL Commuterline dapat berjalan maksimal. Termasuk, pengaturan kapasitas pengguna jasa Commuterline sebanyak 74 orang per kereta. Sejak aturan tersebut diterapkan pada 11 Agustus 2020, antrean calon penumpang KRL Cpmmuterline di Stasiun Tanah Abang dapat berjalan tertib. 

Baca juga : Siang Ini, Zulhas Mau Ketemu Gibran

"Pintu akses tunggal di Stasiun Tanah Abang, berlaku setiap hari.  Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak ini, PT KCI memberlakukan pintu akses tunggal mulai pukul 14.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan libur," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (16/8). 

Selain akses masuk tunggal dari hall sisi utara stasiun, seluruh pengguna yang transit di Stasiun Tanah Abang diarahkan menggunakan hall sisi selatan stasiun. Sementara, pengguna yang akan keluar stasiun, diarahkan melalui Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) ke hall sisi utara stasiun. "Para penumpang diimbau mematuhi alur pergerakan, sejak turun dari kereta," tegas Anne.

Baca juga : Anker Nggak Tertib, Pintu Selatan Stasiun Tanah Abang Ditutup

Dari pemantauan dalam lima hari terakhir, Anne mengatakan, pengguna dapat menyesuaikan diri dengan alur pergerakan yang baru ini. Para penumpang KRL Commuterline yang berangkat dari Tanah Abang maupun yang transit atau berganti kereta di stasiun tersebut, telah mematuhi aturan.

PT KCI juga kembali mengingatkan aturan tambahan yang berlaku selama masa pandemi Covid-19. Kaum lansia yang berusia 60 tahun ke atas, setiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk, yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan - namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL - juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. "Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," tandas Anne.

Baca juga : KCI Tutup Sementara Akses Masuk Stasiun Tanah Abang

PT KCI juga meminta seluruh pengguna jasa KRL Commuterline untuk tetap tertib saat akan masuk ke stasiun dan di dalam KRL, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun dan naik KRL, menggunakan masker, menjaga jarak antar pengguna baik di area stasiun maupun di dalam KRL, serta mengikuti marka dan arahan dari petugas di lapangan demi kesehatan bersama. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.