Dark/Light Mode

Dishub: Sepeda Yang Boleh Masuk Tol Hanya Road Bike

Kamis, 27 Agustus 2020 14:00 WIB
Pecinta sepeda sedang asyik gowes di Ibukota. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Pecinta sepeda sedang asyik gowes di Ibukota. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, angkat bicara terkait usulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang ingin sepeda dibolehkan masuk jalan tol.

Menurut dia, pihaknya memang telah mengusulkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk penyediaan satu ruas jalan khusus sepeda di Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi Barat. Usulan itu muncul sejalan dengan meningkatnya animo masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dan sebagai alat olahraga.

Baca juga : PKS Setuju Sepeda Masuk Tol, Tapi Khusus Jenis Road Bike dan Cuma Hari Minggu Pagi

"Tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok, satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara," kata Syafrin, Kamis (27/8).

Peruntukan jalur sepeda di ruas jalan tol sekitar 12 kilometer tersebut hanya untuk sepeda road bike atau sepeda balap. Pada pelaksanaannya nanti, akan ada pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas.

Baca juga : Sepeda Masuk Tol, Pengamat: Berbahaya Dan Tak Sesuai Aturan

Selain itu tol sisi Barat dari arah Nanas sampai dengan Plumpang juga akan ditutup. Petugas akan menyiapkan pembatas dengan menggunakan traffic cone. "Namun, pelaksanaannya tetap menunggu surat izin dari Pak Menteri Basuki. Sekali lagi, ini hanya khusus untuk pesepeda yang road bike," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkirim surat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta izin membuka jalan Tol Dalam Kota untuk dilintasi sepeda. Berdasarkan surat bernomor 297/-1.792.1, Anies meminta ada jalur sepeda di Tol Lingkar Dalam Jakarta Cawang-Tanjung Priok sisi barat dibuka pada hari Minggu pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.