Dark/Light Mode

Pembangunan Belum Kelar, Sudah Dipake Jualan

Duh, Pasar Timbar Bahayakan Pedagang dan Pembeli

Kamis, 3 September 2020 06:11 WIB
Kondisi Pasar Timbul Barat, Tomang yang masih dalam proses renovasi. (Foto : Istimewa)
Kondisi Pasar Timbul Barat, Tomang yang masih dalam proses renovasi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pedagang dan pembeli terancam bahaya saat bertransaksi di Pasar Timbul Barat (Timbar), Tomang Tinggi, Jakarta Barat (Jakbar). Sebab, pembangunan pasar belum jadi, tetapi pedagang sudah berjualan di sana.

Pantauan Rakyat Merdeka, banyak bagian di pembangunan Pasar Timbar ini masih berupa struktur bangunan dengan konstruksi tiang-tiang beton alias belum rampung. Memang di lantai dasar, sebagian sudah ada sekat-sekat dinding pemisah ruangan. Seperti untuk los pada pasar pada umumnya.

Baca juga : Usulan Ngaco, Jalur Sepeda Di Tol Bahayakan Pegowes

Namun, kondisinya masih sangat berantakan. Dinding penyekat antar los belum diaci. Hebelnya masih kelihatan belum rapi. Akhirnya, pedagang berinisiatif memasang tiang-tiang sendiri dari besi maupun kayu dan menutupnya dengan triplek sederhana.

Sedangkan, di lantai dua, baru sedikit terpasang besi baja sebagai rangka atap bangunan. Melihat kondisi ini, Pasar Timbar semestinya belum layak beroperasi. Tetapi kok sudah diisi dan dimanfaatkan para pedagang. Kondisi bangunan sepert itu, sangat mengancam keselamatan pedagang dan pembeli. Apalagi, sebagian bangunan terbakar saat kebakaran di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Timbar, 7 Agustus lalu.

Baca juga : Perusahaan Diimbau Beri Data Pekerja Yang Valid

Misalnya, sisi depan bagian atas bangunan proyek pasar ini ada yang ikut terbakar. Makanya, masih terlihat pita kuning pembatas garis polisi terpasang di sana. Nampak warna hitam bekas kebakaran di spandek yang menjadi tulang beton lantai dua.

Selain hitam, spandek juga sudah doyong. Rawan runtuh dan bisa menimpa orang. Selain itu, di lantai bawah maupun atas, masih banyak material yang berserakan, seperti besi baja yang belum terpasang. Serta masih banyak alat- alat berat di lantai dua.

Baca juga : Penembakan Bos Pelayaran Di Kelapa Gading Didalangi Karyawannya

Belum lagi parkiran yang masih acak- acakan dan belum rapi. Artinya, dengan kondisi yang masih belum siap, tidak seharusnya para pedagang korban kebakaran dipindahkan ke dalam Pasar Timbar yang belum jadi. Seharusnya keselamatan para pedagang menjadi perhatian utama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.