Dark/Light Mode

Ruang Isolasi dan ICU di 7 RS Rujukan Covid di Jakarta Sudah Full 100 Persen

Kamis, 10 September 2020 19:59 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: YouTube)
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
"Fasilitas ini digunakan untuk menampung masyarakat yang menderita Covid-19. Khususnya, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Untuk itu, perlu ada surat rekomendasi dari Puskesmas atau kelurahan setempat. Sehingga, bisa dirawat isolasi mandiri di flat isolasi mandiri RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran," tambah Wiku.

Sekadar latar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat pada 14 September mendatang.

Baca juga : Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Di Bandung Kekurangan Ruang Isolasi

Langkah yang diistilahkan dengan menarik tuas rem darurat itu, dilatarbelakangi oleh tiga indikator. Yaitu tingkat kematian, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU khusus Covid-19, dan tingkat kasus positif di Jakarta.

Data yang dirilis Pemprov DKI per hari ini menyebut, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ibu Kota sudah tembus angka 51.287. Bertambah 1.450, dibanding data Rabu (9/9).

Baca juga : Warga DKI Kudu Waspada, Ranjang ICU di 67 RS Rujukan Covid Tinggal 17 Persen

Total pasien sembuh kini sudah berjumlah 38.226 orang, dengan tingkat kesembuhan 74,5 persen (nasional 71,2 persen).

Sedangkan total kasus meninggal dunia, ada 1.365. Dengan tingkat kematian 2,7 persen (nasional 4,1 persen). dan pasien yang meninggal sejumlah 1.351 orang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.