Dark/Light Mode

Bodetabek Terapkan PSBB Total Lagi Dong

Buang Ego, Pikirkan Nyawa Semua Warga

Sabtu, 12 September 2020 07:39 WIB
Razia masker oleh Satpol PP DKI untuk mencegah penularan Corona. (Foto: ist)
Razia masker oleh Satpol PP DKI untuk mencegah penularan Corona. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Bekasi Belum Mau Meniru

Pemkot Bekasi sejauh ini belum mau meniru keputusan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menerapkan PSBB total mulai Senin (14/9) mendatang.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Ef­fendi menyatakan, setiap daerah punya cara penanganan Covid­-19 sesuai fasilitas penunjang masing-­masing. Mulai tenaga medis, infrastruktur serta sarana dan prasarana kesehatan.

Baca juga : Bahas PSBB Total, Besok Airlangga dan Anies Mau Ketemuan

“Tentunya tidak sama dengan DKI Jakarta. Kelengkapan forum koordinasi pimpinan daerah serta kelengkapan organisasi masyarakat juga berbeda. Saat ini Pemkot Bekasi melakukan seperti tes cepat, tes usap dan juga pemberlakuan RW siaga. Di DKI, kan tidak menetapkan RW siaga, tapi pakai istilah karantina wilayah terbatas,” terang Pepen, panggilan akrab Rahmat Ef­fendi, di Markas Polres Metro Bekasi Kota, Bekasi.

Dia mengakui telah berkoor­dinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Anies, dan kepala daerah pe­nyangga Ibu Kota Jakarta lain­nya. Menurut Pepen, pihaknya masih perlu meninjau hasil evaluasi penanganan Covid-­19 di Bekasi. Setelah itu membawa hasilnya ke rapat Forum Komu­nikasi Pimpinan Daerah.

Tangsel Belum Memutuskan

Baca juga : DKI Terapin PSBB Total, Kota Bekasi Belum Mau Niru

Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) juga belum memutus­kan akan mengikuti Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB total.

Wakil Wali Kota Tangsel, Be­nyamin Davnie menyebutkan, Tangsel masih berstatus zona ora­nye. Penyebaran Covid­-19 diklaim masih terkendali. Meskipun ber­ada berdekatan dengan zona me­rah, DKI Jakarta, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

“Untuk PSBB di Tangsel su­dah diatur dalam Peraturan Wali Kota. Memang tidak seketat di DKI. Masih bisa dikendalikan,” ujar Benyamin.

Baca juga : Jokowi: Pilkada Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Jangan Ditawar

Meski begitu, Benyamin men­dukung langkah gubernur anies demi menekan laju penularan Covid­-19 di Ibu Kota Jakarta. Memang harus dilakukan upaya tegas dan ketat.

“Keputusan DKI Jakarta juga akan berdampak baik terhadap wilayah lain di Jabodetabek, ter­masuk Tangsel. Sebab, mobilitas masyarakat Tangsel juga banyak ke DKI, sehingga pengetatan tersebut akan berdampak pula untuk Tangsel,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.