Dark/Light Mode

Menkes: Hotel Bintang 2 dan 3 di Jakarta Siap Tampung OTG Covid

Senin, 14 September 2020 15:40 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Kemenkes RI)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Kemenkes RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pemerintah bekerja keras menurunkan angka kematian akibat Covid-19. Caranya, dengan menambah tempat isolasi. Termasuk, menyediakan 15 hotel di Jakarta untuk isolasi kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Hotel bintang dua dan tiga di Jakarta, juga dapat digunakan untuk isolasi mandiri untuk yang tanpa gejala. Jumlahnya, ada 10 sampai 15 hotel dengan kapasitas 1500 kamar atau 3000 orang,” demikian Terawan saat Keterangan Pers Menteri Kesehatan yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

Baca juga : Hotel Bintang 2 dan 3 Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Untuk penyediaan hotel, pemerintah pusat disebutkan bekerja sama dengan jaringan bisnis perhotelan seperi Accor, Novotel, Ibis, dan Harris. Jumlah hotel ini, dapat ditambah menjadi 15-30 hotel jika diperlukan.

Terawan menambahkan hotel-hotel tersebut juga siap membantu pemerintah bila memerlukan ruangan isolasi di luar Jakarta. Pemerintah menambah tempat isolasi itu untuk pasien gejala ringan atau tanpa gejala.

Baca juga : Doni Monardo Minta Sistem Ganjil Genap Di Jakarta Dievaluasi

Di Jakarta, disediakan dua tower di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran. Yaitu di Tower 6 dan 7. Tower 6, terdapat 1.746 tempat tidur, dimana 888 di antaranya sudah terisi. Sedangkan di Tower 7, terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 749.

Sedangkan untuk orang tanpa gejala flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran juga menyiapkan dua tower. Yaitu Tower 4 dan 5. Tower 4 ada 2.742 tempat tidur, semuanya belum terisi. Sedangkan Tower 5 terdapat 2472 tempat tidur, yang baru terisi 81.

Baca juga : Anies Minta Pramuka Jakarta Warga Lewati Masa Pandemi

“Disamping itu juga disiapkan balai pelatihan kesehatan atau Bapelkes di Jakarta maupun di Ciloto, kapasitas ada 326 kamar untuk bisa menampung 653 orang. Kami juga mempersiapkan Bapelkes di Batam, Semarang dan Makassar,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.