Dark/Light Mode

Update Musibah Longsor Bolmong: 45 Kantong Jenazah Berhasil Dievakuasi

Kamis, 7 Maret 2019 11:53 WIB
Proses evakuasi korban musibah longsor di areal penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. (Foto: Basarnas)
Proses evakuasi korban musibah longsor di areal penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. (Foto: Basarnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses evakuasi korban musibah longsor di lokasi penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara masih terus berlangsung.  Seharian kemarin, Rabu (6/3), tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 7 kantong jenazah. Dengan demikian, ada 45 kantong jenazah yang telah berhasil dievakuasi sejak musibah itu terjadi pada 26 Februari silam. 

Baca juga : Evakuasi Longsor Bolmong, Basarnas Kerja Keras 24 Jam

"Kita bersyukur, atas kerja sama yang kompak dari tim SAR gabungan, 18 kantong jenazah telah kita serahkan kepada tim forensik Polri dalam proses evakuasi kedua ini. Jika dikalkulasi dengan evakuasi tahap pertama, berarti total sudah ada 45 kantong jenazah yang telah teridentifikasi. Sisanya, semoga bisa kita selesaikan dengan maksimal", ujar Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Marsekal Budi. 

Baca juga : 3 Bulan Sebelum Longsor Bolmong, ESDM Sudah Kasih Teguran

Agar proses evakuasi berjalan lancar, alat berat ekskavator sudah diganti dari ukuran 20 dan 40 ton, menjadi long arm material. Dengan menggunakan ekskavator long arm material, longsoran yang berada di dalam relatif lebih mudah dijangkau. Sedangkan alat beratnya, tetap di luar. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.